Ketua PKK Langkat Hadiri Peringatan HPS dan HKP Tahun 2019

Media Apakabar.com
Rabu, 09 Oktober 2019 - 20:40
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Ketua TP PKK Langkat Ny Tiorita Terbit Rencana menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke 39 dan Hari Kerida Pertanian (HKP) ke 47 tahun 2019 tingkat Provsu, yang langsung dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi, di Lapangan Merdeka Medan, Rabu (9/10/2019).

Acara yang diikuti oleh Dinas Pertanian se Provsu tersebut, bertemakan  teknologi industry pertanian dan pangan menuju Indonesia lumbung pangan dunia 2045 untuk HPS, dan bertema Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur menuju pertanian berdaya saing untuk HKP.

Pada acara tersebut juga diselenggarakan  festival pangan lokal beragam, bergizi seimbang dan aman atau B2SA serta festival pameran bazar dan pasar murah.

Gubsu diacara tersebut, menyapaikan harapannya, yaitu kedepan dunia pertanian Sumut dapat mencukupi pasokan sandang pangan warga Sumut sendiri, mulai dari beras, palawija dan seluruh hasil pertanian lokal lainnya, sehingga tidak lagi tergantung dari negara lain atau barang impor.

Kepada pertenak Sumut, Gubsu juga berharap dapat bangkit, dengan mampu memenuhi kebutuhan daging dipasaran Sumut.

“Pertanian dan pertenakan Sumut harus bangkit dan mencukupi kebutuhan Sumatera, jika perlu dapat menjadi swadaya pangan nasional,”harapnya.

Untuk mencapai tujuan itu, Gubsu berjanji akan berupaya membantu memenuhi serta menyelesaikan berbagai kendala didunia pertanian dan peternakan Sumut. Dikesempat itu, Gubsu juga menyerahankan bantuan kepada kelompok tani dan ternak Sumut, dengan memberikan bibit benih jagung dan padi, alat pertanian yaitu mesin Chopeer Blender penggiling pakan,  mesin pencetak pelet, 20 ekor domba serta  memberikan ansuransi kepada kelompok ternak  di Sumut.

Sebagai penghargaan Gubsu juga memberikan penghargaan adikarya pangan nusantra tingkat Provsu kepada pembina ketahanan pangan tingkat desa dan kelurahan di Sumut, serta penghargaan lainnya kepada penyuluh pertanian.

Selanjutnya, usai acara Ketua PKK Langkat mengajak Gubsu dan ketua dan wakil ketua PKK Provsu, untuk melihat Stand B2SA Dinas Pertania Langkat , yang menampilkan beragam makanan dan minuan yang aman dan bergizi hasil dari olahan PKK Langkat dan pertanian Langkat.

Kemudian ketua PKK yang didamping Kadis Pertanian Nasirudin SP beserta pengurus TP PKK  dan staf Dinas Pertanian Langkat, mengatakan, Langkat akan berupaya sekuat tenaga untuk berkontribusi meningkatkan dunia pertanian dan pertenakan di Sumut.

“Kami akan sama-sama bergotong royong, untuk mencapai peningkatan hasil tani dan ternak, seperti yang diungkapkan Gubsu tadi,”sebutnya mengkahiri.

(rel/dn)

Share:
Komentar

Berita Terkini