Gempa Bumi Guncang Nias Utara, Tidak Berpotensi Tsunami

Media Apakabar.com
Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:34
kali dibaca

Mediaapakabar.com-Gempabumi tektonik kembali mengguncang wilayah Nias Utara dan sekitarnya.(Rabu,16/10/19).

Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempabumi terjadi pada pukul 14:30:39 WIB dengan kekuatan M=4.4. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 1.29 LU dan 97.05 BT, tepatnya di laut 35 km Baratdaya Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 25 km.

Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempabumi ini merupakan gempabumi dangkal akibat aktivitas Subduksi antara Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Eurasia yang menyebabkan terjadi deformasi batuan, sehingga memicu terjadinya gempabumi.

Meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempabumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Berdasarkan informasi warga, intensitas guncangan gempabumi tersebut Dirasakan di Sirombu III MMI dan Gunungsitoli II MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempabumi dirasakan oleh beberapa orang. Hingga laporan ini disusun, belum ada laporan kerusakan maupun korban.

Terkait dengan peristiwa gempabumi di Nias yang baru saja terjadi, lokasi gempabumi berada pada sumber gempa yang sama dengan gempabumi pukul 09:18:22 WIB di sekitar Nias Utara.

Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari BPBD. Khususnya masyarakat di pesisir pantai dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempabumi yang terjadi TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan Edison Kurniawan, S.Si, M.Si mengatakan  Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).Medan, 16 Oktober 2019.

(Ogi bukit)

Share:
Komentar

Berita Terkini