|

Gelar Kali Kedua Festival Literasi Pematang Jaya Raih Anugerah Kecamatan Giat Literasi

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Kadis Pendidikan H.Syaiful Abdi menghadiri puncak festival Literasi Kecamatan Pematang Jaya tahun 2019, bertempat di Lapangan Sepak Bola Desa Sarang Jaya, Kecamatan Pematang Jaya, Langkat, Minggu (27/10/2019).

Kegiatan kali kedua yang diselenggarakan oleh Kec. Pematang  Jaya ini,   mendapat penghargaan yakni Anugrah Literasi kategori Kecamatan Giat Literasi,  dari Forum Masyarakat Literasi Indonesia (Formalindo).

Piagam penghargaan tersebut,  diserahkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Formalindo Agus Marwan kepada Camat Pematang Jaya Ahmad Fitria, disaksikan Kadis Pendidikan.

Kadis Pendidikan pada sambutannya, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini, pihaknya berharap seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Langkat mencontohnya.Sebab kegiatan ini memiliki kemanfaatan yang berdampak positif bagi kemajuan daerah.

“Karena dapat meningkatkan minat baca seluruh lapisan masyarakat,”sebutnya.

Dengan rajin membaca tentunya, terang Kadis Pendidikan, mampu meningkatkan SDM dengan terus bertambahnya ilmu pengetahuan dan wawasan. Artinya ketika masyarakat suatu daerah tidak ketinggalan informasi, maka kemajuan daerahnya akan dapat diraih.

Sebab, papar Kadis Pendidikan, literasi adalah suatu kemampuan seseorang untuk menggunakan potensi dan keterampilan dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan aktivitas membaca dan menulis.

“Atas nama Pemkab Langkat, saya mengucapkan terima kasih dengan terlaksananya acara ini, yakni festival yang mencerdaskan anak bangsa, serta mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima,”sampainya.

Senada, Sekjen Formalindo Agus Marwan menyebutkan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi festival literasi yang dilaksanakan oleh Kec. Pematang Jaya. Sebab Pematang Jaya adalah kecamatan pertama di Indonesia yang melaksanakan program pengembangan literasi secara konsisten dan berkesinambungan.

“Pematang Jaya ini kecamatan giat literasi pertama di Indonesia. Mereka mengembangkan literasi secara berkesinambungan dengan melibatkan masyarakat. Semoga ini dapat dipertahankan dan menjadi virus bagi daerah lainnya untuk ikut melaksanakannya,” ungkapnya.

Sementara Camat Pematang Jaya, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Langkat beserta jajaran Pemkab Langkat dan semua pihak, atas dukungannya hingga kegiatan ini terlaksana dengan sukses dan meriah. Ia menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Kec. Pematang Jaya dengan Formalindo didukung oleh delapan Desa yang ada di Kecamatan Pematang Jaya.

Untuk pelaksanaannya, terang Fitria, salama 10 hari dimulai dari 17 sampai 26 oktober, diisi dengan 23 perlombaan dan kegiatan literasi diikuti ratusan peserta, mulai dari pelajar tingkat PAUD, SD, SMP, SMA sederajat sampai dewasa (umum), bahkan semua Desa juga mengutus perangkatnya untuk mengikuti kegiatan.

“Sedangkan pada 27 oktobernya adalah acara puncak, sekaligus pemyerahan piagam dan hadiah bagi peserta yang meraih juara,”terangnya.

(rel/dn)

Komentar

Berita Terkini