Dugaan Malapraktik Dana BOS di Karo, Wagubsu Minta Disdik dan Inspektorat Segera Lakukan Evaluasi

Anonim
Sabtu, 05 Oktober 2019 - 13:59
kali dibaca
Doc,apkabar
Mediaapakabar.com- Menanggapi laporan dari perwakilan guru, komite sekolah dan siswa SMAN 1 Tiganderket, Kabupaten Karo, tentang dugaan malapraktik pengelolaan Dana BOS di sekolah tersebut, Wakil Gubernur (Wagub)  Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah menginstruksikan Inspektorat dan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumut agar segera melakukan pemeriksaan dan mengevaluasi pihak terkait, mulai dari Unit Pelaksana Teknis (UPT), Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Sumut dan kepala sekolah.

“Saya minta Dinas Pendidikan dan Inspektorat Sumatera Utara mengevaluasi Kepala UPT, Kepala Sekolah, saya minta laporannya segera. Dari hasil yang saya dengar ini sama-sama  kita duga ada sesuatu hal mengenai pengelolaan Dana BOS,” ujar Wagubsu Musa Rajekshah, Sabtu (5/10/2019).

Wagubsu sudah mendengarkan aduan perwakilan bahwa diduga adanya tindakan malapraktik dalam pengelolaan Dana BOS di lingkungan sekolah. Puncaknya, 16 September 2019, murid murid melakukan unjuk rasa mempertanyatakan transparansi pengelolaan Dana BOS.

Perwakilan guru Suartini Br Bangun, menjelaskan, dugaan malapraktik pengelolaan Dana BOS ini sudah terjadi selama empat tahun terakhir. Para guru dan komite melihat tidak adanya transparansi dalam  pengelolaan Dana BOS. Mereka juga tidak pernah dilibatkan dalam perencanaan anggaran Dana BOS dan dalam laporan pertanggungjawaban Dana BOS.

Senada dengan Suartini, Ketua Komite Sekolah SMAN 1 Tiganderket Bahtra Pelawi mengatakan, pihaknya sudah membangun komunikasi dengan kepala sekolah terkait pengelolaan Dana BOS. Namun,  komite sekolah hanya berhak terlibat dalam tahap proposal, tidak dalam pengelolaan.

Melalui pertemuan ini, Ijeck pun segera menginstruksikan Inspektorat dan Dinas Pendidikan Sumut segera melakukan evaluasi terkait adanya dugaan malapraktik pengelolaan Dana BOS di SMAN 1 Tiganderket, mulai dari bagaimana alur Dana BOS mulai dari pusat hingga ke rekening sekolah.

Ijeck juga mengatakan, dirinya akan menjadwalkan agenda untuk bisa langsung melakukan kunjungan ke SMAN 1 Tiganderket.

“Kasih kami waktu biar kami memeriksa. Di sini ada Inspektorat dan Dinas Pendidikan akan juga mengevaluasi ke dalam baik UPT dan sekolah dan gurunya. Mudah mudahan tidak dalam waktu yang lama akan ada kabar,” tegas Ijeck. (ni)
Share:
Komentar

Berita Terkini