|

Bursa Inovasi Desa Klaster Langkat Hilir,Dibuka

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten III Umum Musti, membuka acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Klaster Langkat Hilir, tahun 2019, ditandai dengan pemukulan Gong, di  Desa Gohor Lama Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat, Kamis (17/10/2019).

Asisten III pada  bimbingannya, menerangkan, salah satu upaya pendukung terlaksananya inovasi Desa, yaitu terbentuknya forum Bumdes, maka diharapkan forum Bumdes di Langkat menjadi wadah kordinasi dan konsultasi  para pelaku Bumdes, saat mengembangkan usaha Bumdes di masing – masing Desa.

Semoga, dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), sebagai salah satu sumber utama anggaran desa, disamping Dana Desa (DD)  maupun Anggaran Dana Desa (ADD)  dalam menyelenggarakan pembangunan perdesaan, "harapnya.

Selanjutnya, Asisten III menjelaskan, kegiatan ini juga  forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat, yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa.

Gunanya, mencari  solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa, dalam rangka penggunaan DD dan ADD yang lebih efektif.

Selain itu, sebut Asisten III, inovasi desa juga bertujuan  untuk menginformasikan rencana kegiatan pembangunan desa, serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat di desa-desa, yang mengedepankan penggalian dan pengelolaan potensi yang dimiliki, secara arif dan bijaksana.

"Dengan memperhatikan dampaknya bagi kelestarian lingkungan, " ungkapnya.

Sembari berpesan, agar setiap pemerintah desa yang mengikuti kegiatan ini, dapat memanfaatkannya dengan mencermati setiap inisiatif dan inovasi yang ditampilkan, sehingga dapat  diadopsi dan direplikasi, untuk dikembangkan di desa masing-masing.

Sementara, Sekdis PMD Langkat M.Mirza, pada laporannya, mengatakan, kegiatan ini dikelola  oleh tim program inovasi desa di masing-masing klaster dengan dukungan dan kordinasi kepada Dinas PMD Langkat dan sejumlah unsur Dinas terkait. 

Sebelumnya, terang Mirza, kegiatan ini dilaksanakan terpusat (satu tempat), namun ditahun ini berdasarkan Juknis operasional program inovasi desa tahun 2019 dari Kemendes PDTT dilaksanakan per klaster atau di masing-masing wilayah dalam kabupaten.

Sebab itu, di Langkat dibagi di 3 wilayah, yaitu Klaster  Langkat Teluk Aru yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 30 september 2019  di Pertamina Pangkalan Brandan, dan Langkat Hulu pada 10 Oktober 2019 di Selesai, untuk Langkat Hilir hari ini sebagai yang terakhir.

Selanjutnya, dikegiatan tersebut Asisten III bersama  rombongan pejabat Pemkab Langkat, meninjau lokasi Bursa yang terbagi 3 bidang, yaitu SDM, Perekonomian dan Kewirausahaan.

(rel/dn)
Komentar

Berita Terkini