|

Bupati Taput Dibulang- Bulangi Saat Syukuran Partangiangan Pomparan Borsak Mangatasi Nababan Ke 64

Kali Dibaca
Bupati Taput Dibulang- Bulangi Saat Syukuran Partangiangan Pomparan Borsak Mangatasi Nababan Ke 64
Bupati Taput Drs. Nikson Nababan  saat dibulang-bulangi pada acara syukuran partangiangan Borsak Mangatasi Nababan.(Darwin Manalu)
Mediaapakabar.com-Bupati Taput Drs.Nikson Nababan, M.Si selaku panggomgom (pemimpin) dibulang-bulangi saat syukuran partangiangan (doa) Pomparan Borsak Mangatasi Nababan ke 64  yang berlangsung di lapangan Oppu Gajah Nababan Desa Sitabo-tabo Kecamatan Siborong-borong, Minggu (13/10/2019).

Puluhan ribu pomparan Borsak Mangatasi Nababan boru, bere, ibebere se Kabupaten Tapanuli Utara bahkan dari seluruh penjuru hadir pada acara syukuran itu.

Borsak Mangatasi Nababan merupakan  keturunan  ketiga dari Toga Sihombing. Saudaranya, Borsak Junjungan (Silaban), Borsak Sirumonggur (Lumbantoruan),  Borsak Bimbingan (Hutasoit).

Berdasarkan sejarah, Pomparan Borsak Mangatasi Nababan sudah pernah melaksanakan  partangiangan pertama kalinya di Bonapasogit Siborong-borong tanggal 13 Oktober 1955.

Doa syukuran Borsak Mangatasi Nababan yang ke 64 mengambil Tema : Haringgashon Mangaradoti Hasadaon, Efesus 4:3 dan Sub tema : Marhite partangiangan ni Pomparan Borsak Mangatasi Nababan, Boru, bere, ibebere lam tangkasma hasadaon laho mangulahon akka nadumenggan.

Sebelum ke acara adat istiadat dalam pelaksanaan  doa bersama Borsak Mangatasi Nababan, dilaksanakan kebaktian bersama melalui hamba Tuhan Pendeta Resor GKPI Paian Nababan.
Ketua panitia Liberty Nababan mengatakan, bahwa partangiangan Borsak Mangatasi setiap tahun digelar sebagai doa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hingga saat ini, keturunan marga Nababan telah banyak yang berhasil diantara marga-marga Batak lainnya.

Bupati Taput Drs. Nikson Nababan menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas terlaksananya pesta doa syukuran bersama keluarga besar Borsak Mangatasi Nababan. 

Terimah kasih buat seluruh panita, dalam waktu satu bulan dapat melaksanakan pesta doa syukuran ini.

" Saya mendapat tohonan sebagai Bupati dua periode di Kabupaten Tapanuli Utara tidak lepas dari doa dan dukungan marga Nababan," kata Nikson.

Semoga Tuhan selalu memberikan berkat bagi seluruh pomparan nababan yang ada di Taput.
Begitu juga dengan saya selaku pomparan Borsak Mangatasi Nababan dapat mengemban dan  bisa melanjutkan amanah UU dan janjikku ke masyarakat hingga tahun 2024.

Pada kesempatan itu bupati mengajak berdiri bersama sama para pomparan nababan, mulai dari anggota DPRD Taput Rudi Nababan, Andri Nababan, para pimpinan OPD, Camat, Lurah dan Kades.

" Merekalah nanti teman saya untuk melanjutkan pembangunan di Taput ini," ungkap Bupati.
Acara partangiangan Borsak Mangatasi Nababan juga memberikan beasiswa bagi para pelajar tingakt SD, SMP dan SMA yang berprestasi.

(Win).
Komentar

Berita Terkini