|

Bagi Orangtua, Ini Cara Jitu Agar Anak Sehat Maen HP

Kali Dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Bagi sebagian orangtua, media digital, baik televisi maupun ponsel, menjadi "penyelamat" kala mereka tak punya cukup waktu untuk menemani anak-anaknya.

Dilansir dari Healthy Children, American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan sejumlah hal tentang penggunaan media digital baik itu TV, komputer, smartphone, maupun sumber informasi lainnya yang perlu diperhatikan para orangtua.

Bagaimana menggunakan media digital yang sehat? Orangtua disarankan mengatur penggunaan media digital secara dipersonalisasi untuk anak-anak mereka. Pengaturan penggunaan media digital ini harus mempertimbangkan usia, kesehatan, kepribadian, dan tahap perkembangan anak. Contohnya, semua anak dan remaja memerlukan waktu tidur 8-12 jam tergantung usia, aktivitas fisik, serta waktu yang benar-benar bebas dari media digital.

Berikut pedoman penggunaan media digital yang sehat: Cari tahu media digital yang sering digunakan anak-anak Anda di rumah. Setelah itu, tetapkan batasan waktu bagi mereka dalam mengakses konten tersebut.

Periksa apa saja yang mereka akses dan tonton demi melindungi mereka dari hal-hal yang buruk Hindari paparan perangkat atau layar 1 jam sebelum tidur. Jauhkan ponsel dari mereka saat tidur.

Jauhkan anak dari perangkat apa pun ketika mereka melakukan pekerjaan rumah. Rencanakan waktu khusus untuk berkumpul bersama dan bebas dari media digital dalam bentuk apa pun.

Tentukan lokasi khusus yang dilarang memegang perangkat digital di rumah. Upayakan ada waktu khusus untuk berkumpul bersama dan membicarakan hal-hal yang penting untuk kepentingan bersama.

Berikan contoh yang baik seperti mematikan TV maupun ponsel ketika anda menetapkan “waktu bebas media”. Pastikan keluarga yang lain saat berkunjung ke rumah memahami dan ikut melaksanakan aturan “bebas media” yang Anda buat Berikan pemahaman mengenai bahaya sexting, serta privasi di dunia maya.(ni)
Komentar

Berita Terkini