|

70 Peserta Ikuti Pelatihan Keterampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com-Sebanyak 70 peserta dari 21 Kecamatan Se- Kota Medan mengikuti Keterampilan Berusaha Bagi Keluarga Miskin di Hotel Grand Kanaya, Jalan Darussalam, Senin (28/10). Diharapkan melalui pelatihan keterampilan ini warga yang kurang mampu memiliki keterampilan sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga.

Pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini pada tanggal 28-30 Oktober dibuka Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution diwakili Kadis Sosial Kota Medan Endar Sutan Lubis. Tujuan dari pelatihan ini guna meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi keluarga kurang mampu.

Dalam sambutannya Endar mengatakan, jumlah masyarakat kurang mampu di Kota Medan sebanyak 128.870 rumah tangga. Besarnya jumlah masyarakat kurang mampu ini tentu menjadi permasalahan khususnya Pemko Medan. Salah satu upaya Pemko Medan dalam penanganan fakir miskin adalah dengan membuat pelatihan keterampilan berusaha bagi keluarga kurang mampu.

"Kegiatan ini sebagai bukti kepedulian Pemko Medan untuk mengentaskan permasalahan kemiskinan secara bertahap setiap tahunnya. Artinya tidak hanya melatih keterampilan masyarakat kurang mampu namun juga meningkatkan kemampuan pendamping masyarakat", kata Endar Sutan Lubis.

Kemudian Endar mengingatkan pelatihan keterampilan ini dilaksanakan bukan  seremonial semata, tetapi pelatihan ini kiranya dapat dilaksanakan berkesinambungan sehingga dapat bermanfaat untuk masyarakat luas.

"Saya berharap seluruh peserta pelatihan ini dapat meningkatkan keterampilan sehingga memperoleh hasil yang dapat bersaing dengan usaha rumah tangga lainnya. Selain itu dapat menambah pendapatan keluarga," ungkap Endar.

Sebelumnya Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin, Ridha Valenta Yetta, dalam laporannya mengatakan Pelatihan Keterampilan yang digelar dari tanggal 28 sampai 30 Oktober ini diikuti 70 Peserta yang terdiri dari ibu - ibu rumah tangga dari 21 Kecamatan Se-Kota Medan.

"Dalam Pelatihan keterampilan ini para peserta akan mendapatkan pembekalan materi dari Rumah Akrilik Rahinah dan Akrilik Niar. Kemudian tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghasilkan suatu keterampilan yang memiliki nilai jual sehingga dapat meningkatkan pendapatan keluarga," jelasnya.

Selanjutnya pelatihan ini dilanjutkan dengan pemaparan oleh para narasumber yakni dari rumah Akrilik Niar dan rumah Akrilik Rahinah.

(rel/dn)

Komentar

Berita Terkini