|

Mau Sehat? Hati Hati Buah yang Anda Jadikan Jus...

Kali Dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Memiliki tubuh sehat dan fit merupakan dambaan tiap orang. Sementara untuk memperoleh bentuk tubuh yang sehat diperlukan usaha, seperti makan makanan sehat, olahraga, dan menjaga pola tidur yang baik.

Selain itu, beberapa orang juga membekali diri dengan nutrisi dan vitamin dari buah-buahan. Tetapi, buah-buahan yang mereka konsumsi cenderung dibuat dengan versi jus atau diambil sari-sarinya saja.
Menanggapi hal itu, dilansir dari Kompas, Minggu (8/9/2019) dokter ahli nutrisi, dr Tan Shot Yen mengatakan bahwa sebaiknya buah dimakan dalam bentuk aslinya, bukan dalam bentuk jus.

"Buah dan sayur memiliki kandungan gula yang terikat dengan serat. Serat ini punya fungsi kontrol, agar proses mencerna makanan berlangsung bertahap (3 jam), jika serat ini dirusak dengan proses jus atau blender, maka gula akan bablas diserap cepat sekali dan bikin lonjakan gula darah," ujar Tan.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 Kementerian Kesehatan, menunjukkan bahwa adanya kenaikan prevalensi penyakit tidak menular (PTM) jika dibandingkan dengan Riskesdas 2013. Akibatnya timbul penyakit, seperti kanker, stroke, penyakit ginjal kronis, diabetes melitus, dan hipertensi.
Selain itu, dalam hasil Riskesdas 2018 juga disebutkan bahwa kenaikan prevalensi itu berhubungan dengan pola hidup antara lain, merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurangnya aktivitas fisik, dan kurangnya konsumsi buah dan sayur.

Dari keempat hal tersebut, angka kurang konsumsi buah dan sayur menempati posisi tertinggi, yakni sebesar 93-95 persen. Percepatan pencernaan Tidak hanya bermasalah dengan kandungan gula dan serat yang menjadi lebih halus jika diblender, Tan mengungkapkan bahwa memakan buah dengan bentuk jus mempercepat pencernaan. (ni)
Komentar

Berita Terkini