Warga Belawan Kaget Dengar Ledakan dari Mesin Boiler PT Smart, Ini Kronologisnya...

Anonim
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 15:54
kali dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Warga Belawan yang bermukim dekat dengan pabrik pengolahan kelapa sawit PT Smart, dikejutkan dengan ledakan dari pabrik tersebut, Jumat (16/8/2019) sore. Ternyata, mesin boiler pabrik kelapa sawit milik PT Sinar Mas yang berada di Jalan Balmerah Baru III, Belawan II, Medan, tersebut meledak hingga terbakar serta mengeluarkan asap tebal.

Para pekerja PT Sinar Mas sontak berhamburan keluar pabrik untuk menyelamatkan diri. Menurut keterangan warga sekitar, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 17.15 WIB saat suasana mulai lengang.

Seorang warga bernama Anto mengatakan, tiba-tiba terdengar suara ledakan. Kemudian, asap keluar dari arah pabrik yang bergerak di bidang pengolahan minyah sawit mentah atau CPO (crude palm oil) tersebut.

“Suara ledakannya cukup keras bang. Kami keluar melihat, ternyata dari pabrik asalnya karena ada kepulan asap juga,” ucap Anto dilansir dari Sindonews, Sabtu (17/8/2019).

Selanjutnya, Anto menjelaskan, peristiwa itu sempat membuat panik warga, karena dari dalam mesin boiler mengeluarkan asap tebal. Apa lagi, asap tersebut juga membuat sesak nafas warga.

“Kepulan asap dari dalam pabrik itu membuat sesak nafas, tebal asapnya. Tapi, kalau penyebabnya kita belum tahu,” jelasnya.

Tak berselang lama, sedikitnya lima armada dari Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran Pemko Medan datang dan masuk ke dalam pabrik untuk berjibaku memadamkan api.

Belum diketahui persis penyebab mesin boiler PT Smart Tbk tersbut meledak. Saat Kitakini.news ingin mengonfirmasi ke dalam pabrik, petugas keamanan bernama Robinson menghadang.

“Mau ngapain pak? Kalau mau masuk tidak boleh. Ini perintah dari kepala keamanan,” ucapnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Belawan, Kompol Safarudin Tama Siregar membenarkan peristiwa ada kebakaran di PT Sinarmas.  Namun, belum ada keterangan lebih lanjut dari pihaknya lantaran peristiwa tersebut masih dalam penyelidikan.

“Iya benar. Untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan,” ujarnya.

Pabrik minyak kelapa sawit milik Sinar Mas, PT Smart Tbk Medan Belawan tersebut sebelumnya pernah terbakar Senin (13/7/2015).(ni)
Share:
Komentar

Berita Terkini