|

Musim Kemarau, BBMKG Mencatat 17 Hotspot Terpantau di Sumut

Kali Dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat bahwa ada belasan titik panas (hotspot) yang terpantau satelit berada di Wilayah Sumatera Utara.

Kepala Sub Bidang Manajemen Data BBMKG Wilayah I Medan, Feriomex Hutagalung mengatakan bahwa pantauan tersebut sudah ada sejak kemarin. Namun, satelit mereka menerima titik hotspot tersebut pada Selasa (6/8/2019).

"Dari data yang diterima dari pengamatan satelit kita yang diterima pukul 06.00 WIB tadi ada 17 titik panas di Sumut. Seperti di daerah Tapanuli Utara 1 titik, Labuhan Batu 2 titik, Labuhan Batu Utara 7 titik, Padang Lawas 4 titik, Tobasa 1 titik, Langkat 1 titik, Humbahas 1 titik," katanya, Selasa (6/8/2019) siang.

Feriomex mengimbau kepada masyarakat agar waspada terhadap kebakaran hutan, mengingat musim kemarau masih terjadi di wilayah Sumatera Utara.

"Imbauan kita waspada terhadap kebakaran hutan agar pembalakan liar diperhatikan oleh masyarakat agar pemerintah daerah memperhatikan hal tersebut," imbaunya.

Feriomex juga mengungkapkan bahwa meskipun memasuki musim kemarau, potensi karlahuta itu cukup tinggi.

"Musim kemarau ini memang terjadi di wilayah Sumatera Utara tapi juga masih berpotensi hujan lokal. Karena memang hari tanpa hujannya cukup panjang," ungkapnya.(ni)
Komentar

Berita Terkini