Ini Kriteria Menteri Pilihan Jokowi...

Anonim
Selasa, 13 Agustus 2019 - 19:33
kali dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Presiden Jokowi sedang menyeleksi calon menteri yang akan membantunya menjalankan pemerintahan lima tahun ke depan. Seperti apa kriteria menteri pilihan Jokowi?

"Ya menurut saya, yang pertama, tentu visinya harus sama dengan Pak Jokowi bahwa ini adalah berbasis pada public service delivery. Yang kedua, tentu orang yang siap bekerja dalam timeframe sempit," kata Direktur Eksekutif CSIS Philips J. Vermonte, Selasa (13/8/2019).

Dilansir dari Detik, Selasa (13/8/2019) periode kedua kepemimpinan Jokowi dinilai relatif sempit. Philips menghitung Jokowi hanya punya waktu efektif 2-3 tahun.

"Karena setelah itu akan disibukkan dengan Pemilu 2024," ujarnya menganalisis.

Philips memprediksi Jokowi akan menggabungkan menteri lama dengan wajah baru. "Ada beberapa menteri yang kinerjanya cukup baik, tapi itu kan hak prerogatif," katanya.

Soal menteri asal parpol, Philips tak menyoal selama menteri itu bekerja dengan profesional. Artinya, ada loyalitas sang menteri asal parpol itu kepada Presiden.

"Persoalannya cuma satu dengan menteri asal parpol, apakah mereka akan shifting loyalitasnya ke tugas pemerintahan atau tidak. Artinya, dia harus sepenuhnya di bawah kepemimpinan Jokowi, bukan lagi parpol," katanya.

"Saya kira Pak Jokowi untuk periode kedua ini nothing to lose, jadi menghadapi tekanan (parpol) demikian beliau tetap mementingkan kebutuhan kabinet yang bisa menjalankan visinya," pungkas Philips mengomentari parpol yang meminta jatah menteri.(ni)
Share:
Komentar

Berita Terkini