Bupati Bangga,Investor Bantu Peningkatan Perekonomian Masyarakat Taput Melalui Pengembangan Bawang Putih

Media Apakabar.com
Rabu, 28 Agustus 2019 - 22:16
kali dibaca
Bupati Bangga,Investor Bantu Peningkatan Perekonomian Masyarakat Taput Melalui Pengembangan Bawang Putih
Bupati Taput Drs.Nikson Nababan saat melakukan penanaman perdana bawang putih bersama Irjen Kementan RI Justan Ridwan Siahaan di Hutaginjang Muara,doc:apakabar
Mediaapakabar.com-Bupati Taput Nikson Nababan sangat bangga dengan investor dari PT. Niaga Global Modern yang bekerjasama dengan masyarakat melalui  pengembangan tanaman bawang putih dilahan 50 Hektar untuk peningkatan perekonomian masyarakat Taput.

Tercatat hingga saat ini,  kerjasama dengan masyarakat itu sudah terlaksana  di lahan seluas sekitar 14 hektar di daerah itu.

Hal itu disampaikan Nikson Nababan saat menghadiri penanaman perdana tanaman bawang putih kerjasama Niaga Global Modern dengan masyarakat di lahan seluas 4 Hektare di Desa Hutaginjang, Muara, Rabu (28/8/2019).

Hadir juga dalam kesempatan itu Irjen Kementrian Pertanian Justan Ridwan Siahaan, Pimpinan Niaga Global Modern Antoni, ulama dan rohaniawan, para pimpinan oragnisasi perangkat daerah,  penyuluh pertanian dan warga masyarakat setempat.

"Sebelumnya tanah tempat pengembangan bawang putih ini merupakan lahan terlantar. Namun adalah kebanggan buat saya jika investor seperti bapak Antoni dari Niaga Global Modern mau memberikan perhatiannya sehingga tanah di daerah yang dititip Tuhan bagi saya ini, bisa bermanfaat buat masyarakat, bangsa dan negara," kata Nikson Nababan.

Bupati juga mengharapkan, para investor lainnya seperti PT. Niaga Global Mandiri dapat membantu  membangun Taput  dari sektor pertanian. Pasalnya, mayoritas warga masyarakat di Tapanuli Utara hidup dari sektor pertanian. Ia menjelaskan, kendala pertanian selama ini sangat komplit. Mulai dari pengolahan lahan, modal, hingga pemasaran.

"Makanya saya lakukan beberapa kebijakan seperti memberikan bantuan alat pertanian, membantu  dengan pemberian pupuk bayar paska panen hingga menjamin stabilitas harga untuk 3 jenis komoditi pertanian.

Saya juga harap pemerintah pusat dan para pihak investor dapat membantu dalam hal  pengolahan  lahan, modal, dan pemasaran hasil pertanian itu tadi. Kalau itu dilakukan saya yakin petani di negara ini akan sukses," ungkapnya.

Sementara itu, Irjen Kementrian Pertanian Justan Ridwan Siahaan dalam kesempatan itu mengatakan, kebutuhan negara untuk bawang putih tercatat sebanyak 600 Ribu Ton.

Dengan komitmen pemerintah yang akan mengurangi import bawang putih, maka dibutuhkan pengembangan bawang putih di lahan sekitar seluas 100 ribu hektare.

"Dan daerah di kawasan Danau Toba ini sangat cocok untuk pengembangan tanaman bawang putih ini," imbuhnya.

Ridwan  mencontohkan Kabupaten Humbang Hasundutan yang telah memulai pengembangan bawang putih.

"Sebelumnya banyak yang ragu akan pengembangan bawang putih di Humbahas. Namun akhirnya hasilnya memuaskan. Saya yakin di Taput ini, pengembangan bawang  putih juga akan berhasil," urainya.

Hal yang sama dikatakan Antoni selaku pimpinan PT.Niaga Global Modern." Pengembangan bawang putih di Taput sangat potensial. Kita ingin  berkontribusi untuk mengurangi import,".

Kepala Dinas Pertanian Taput SEY Pasaribu mengatakan, datangnya investor untuk pengembangan bawang putih di Taput merupakan moment yang baik disaat pemerintah akan mengurangi import bawang putih mulai tahun 2020.

"Pengembangan bawang putih ini merupakan moment yang baik mengingat ketinggian, suhu dan kelembaban daerah ini cocok  untuk pengembangan bawang putih," katanya.

Ia mengatakan, investor PT Niaga  Global Modern akan melakukan pengembangan bawang putih di lahan  seluas 50 hektare. Dan saat ini sudah siap tanam di lahan seluas 14 hektare yang tersebar di tiga kecamatan. Kerjasama investor itu juga disebutnya sangat menguntungkan masyarakat. Dimana biaya produksi dari mulai tanam sampai panen difasilitasi oleh investor.

(Win)
Share:
Komentar

Berita Terkini