Aksi Anarkis di Fakfak, Ini Kata Tua Tua Adat di Depan Dandim 1803/Fakfak ....

Anonim
Sabtu, 31 Agustus 2019 - 21:17
kali dibaca
Doc.apkabar
Mediaapakabar.com- Tua-tua Adat masyarakat Kabupaten Fakfak, Papua, sangat prihatin dengan peristiwa yang terjadi di daerah mereka. Sebab dengan peristiwa anarkis itu mengakibatkan lumpuhnya roda perekonomian, karena terbakarnya pasar, sehingga masyarakat sendiri yang merasakan kerugian tersebut.

Tua Tua Adat Fakfak, Pilipus Kabes, Jubair Hobrow, dan Didimus Temongmere, dengan menggunakan bahasa daerah (bahasa IHA), saat berlangsungnya acara
Pertemuan Adat, dalam rangka penguatan kebersamaan dan persaudaraan dalam budaya "Satu Tungku, Tiga Batu" Kabupaten Fakfak, pasca aksi anarkis massa 21 Agustus 2019 lalu.

Pertemuan Adat tersebut berlangsung pada Sabtu (31/8/2019) di Gedung Winder Tuare, Kelurahan Fakfak Utara, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

"Mari kita membangun kembali dan merajut kembali persaudaraan," ujar salah satu Tokoh/Tua Adat, Jubair Hobrow.

Usai acara 'Kopi Keh Nggara Ro', Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf Yatiman menyampaikan tujuan diselenggarakannya acara Pertemuan Adat tersebut adalah untuk menyikapi terjadinya aksi demo yang berujung anarkis/rusuh pada 21 Agustus 2019 lalu, agar tidak terulang kembali.

Sekaligus sebagai sarana untuk duduk bersama dengan para tokoh di masyarakat Fakfak.

"Kita ingin mengajak berbagai tokoh yang ada di Kabupaten Fakfak untuk bersama-sama duduk bicara, untuk stop kekerasan, dan membangun kembali fasilitas umum yang telah dirusak massa," ucapnya.

Lebih lanjut Dandim Fakfak mengajak para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, dan Tua Tua Adat, serta segenap warga masyarakat Kabupaten Fakfak untuk menjaga kerukunan antar umat beragama dan menjunjung tinggi persaudaraan, serta menguatkan persatuan dan kesatuan, sebagai bagian dari anak bangsa di NKRI.

"Mari bersama-sama kita menjunjung tinggi persaudaraan, toleransi antar umat beragama, dan bekerja sama serta bergotong royong dalam membangun dan meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Fakfak," katanya.

Marilah saling melindungi diri terhadap propaganda dan hasutan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, yang telah mengakibatkan dampak negatif dan kerugian yang sangat besar bagi kehidupan sosial masyarakat.

Acara ditutup dengan doa bersama, dari perwakilan tiga agama, yakni dari agama Islam oleh H. Karas Namudat, dari Kristen Protestan oleh Pendeta Christina Bahba, dan dari Kristen Katholik oleh Pastor John Talla. Kemudian dilanjutkan dengan Tradisi Adat Mihin Ko Wanang dan penyembelihan Hewan Kurban, foto bersama dan saling berjabat tangan.(dani)
Share:
Komentar

Berita Terkini