7 Orang Penumpang Tewas, Polda Sultra Identifikasi Penyebab Kebakaran KM Izhar

Anonim
Sabtu, 17 Agustus 2019 - 16:08
kali dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengidentifikasi penyebab kebakaran KM Izhar yang menyebabkan 7 orang penumpang meninggal dunia di perairan antara Pulau Bokori dengan perairan Tapulaga, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (16/8/2019) malam.

KM Izhar dengan tonase 89 GT itu bertolak dari Kendari menuju Kepulauan Salabangka, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), memuat 50 orang penumpang sesuai manifes kapal tersebut.

Dilansir dari Kompas, Sabtu (17/8/2019) Kabid Humas Polda Sultra AKBP Harry Goldenhard mengatakan, sekitar pukul 23.30 Wita, di tengah perjalanan antara Pulau Bokori dengan perairan Tapulaga, kapal tersebut mengalami kebakaran akibat adanya kerusakan mesin atau meledaknya tangki solar kapal.

"Kapal penumpang KM Izhar yang dinakhodai oleh kapten kapal Sarludin Abdul Razak umur 42 tahun, alamat Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konsel, beserta 8 ABK. Tiba-tiba ada percikan api di bagian mesin dan dengan cepat menjalar ke seluruh bagian kapal," ungkap dia, Sabtu (17/8/2019).

Atas kejadian itu, 7 orang penumpang menjadi korban. Untuk sementara ini, sekitar 37 orang selamat dan 4 orang penumpang masih dalam pencarian.

"Korban meninggal dunia sekitar 7 orang, terdiri dari 1 laki laki dewasa, 4 Wanita dewasa, dan 2 anak-anak," ujar Harry.

Pihak kepolisian dari Polsek Soropia mendatangi TKP dan berkoordinasi dengan Polsek KP3 Kendari terkait jumlah penumpang sesuai manifes yang dikeluarkan pihak Syabandar Kendari.

"Kami mengamankan 1 nakhoda beserta 4 ABK di Polsek Soropia, dan membantu atau membawa korban di Puskesmas Soropia," tambah dia.

Dihubungi terpisah, Kasub Bidkespol Biddokkes Polda Sultra Kompol dr Mauludin mengatakan, data manifes penumpang berjumlah 50 orang, 7 orang meninggal dunia setelah tenggelam, 39 orang penumpang selamat dan 4 orang belum ditemukan.(ni)
Share:
Komentar

Berita Terkini