|

Menu Nikmat di Kala Hujan

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com- Saat hujan mengguyur kota Medan, rasanya perut seperti terasa lapar. Namun untuk keluar rumah pastinya enggan. Sebab cuaca hujan akan terasa dingin sekali.

Yuk bunda!!kita bisa memasak siomay ala rumahan nak nikmat dan sehat.
Kita bisa siapkan bahan bahan seperti kulit pangsit siap pakai secukupnya sesuai jumlah yang akan dibuat. Daging ayam fillet tanpa tulang kurang lebih sebanyak 1/4 kg. Telur ayam ukuran sedang besar 1 butir. Tepung kanji atau tepung sagu kurang lebih sebanyak 80 gram. Merica halus sesuai selera atau kurang lebih seujung sendok kecil. Minyak wijen kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil. Garam dapur secukupnya sesuai selera atau kurang lebih 1 sendok kecil kurang. Kaldu bubuk rasa ayam secukupnya sesuai selera atau kurang lebih 0.25 sendok kecil. Daun bawang yang sudah dicuci dan diiris secukupnya sesuai selera kalau suka. Wortel segar ukuran sedang. Kupas kulitnya kemudian serut serut kecil. Air bersih kurang lebih sebanyak 50 ml. Gula pasir secukupnya atau kurang lebih 0.25 sendok kecil.

Kemudian campurkan udang cincang, ayam cincang, dan ikan tenggiri yang sudah dihaluskan. Campurkan hingga merata. Tambahkan telur, bawang putih, bawang merah, kecap ikan, garam, merica, dan gula pasir. Uleni hingga merata. Kemudian tambahkan tepung kanji sedikit demi sedikit sembari tetap diuleni. Setelah adonan telah tercampur sempurna, ambil 1 lembar kulit siomay, kemudian isi bagian tengah kulit siomay dengan isian siomay yang telah kamu buat, kemudian lipat sisi-sisinya menghadap ke atas. Isi juga tahu yang sudah dikosongkan bagian tengahnya menggunakan adonan siomay. Kukus siomay, tahu isi, telur, dan kentang selama 15 menit atau hingga matang. Hidangkan dengan saus kacang. Bisa juga ditambahkan dengan perasan jeruk limau.

Untuk bumbunya,  tumbuk halus kacang tanah yang sudah disangrai bersama dengan cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Kemudian tambahkan gula pasir, garam, dan kecap manis, serta air. Masak bumbu kacang dengan api kecil. Aduk terus hingga mendidih.

Sudah bisa disantap. Mudah kan bunda? Yuk dicoba....(L6)
Komentar

Berita Terkini