Ingin Menikah Paket Hemat, Yuk Intip Tipsnya....

Anonim
Minggu, 21 Juli 2019 - 21:05
kali dibaca
Ist.
Mediaapakabar.com- Pernikahan merupakan salah satu momen sakral dalam kehidupan. Oleh karena itu, segala sesautu tentang pernikahan harus dipersiapkan sebaik mungkin. Sejumlah persiapan yang perlu dilakukan untuk pernikahan, antara lain menyiapkan undangan, dekorasi acara akad maupun resepsi, jamuan untuk para tamu, hingga suvenir. Segala persiapan tersebut tentu membutuhkan biaya.

Bagaimana caranya agar pernikahan dapat terlaksana dengan anggaran hemat?, Ini tips keren dari  brilio.net :

1. Gunakan undangan digital.
Seiring kemajuan teknologi, kita tidak harus lagi menggunakan undangan cetak berupa kertas yang tentu menyedot banyak uang. Solusinya, kamu bisa menggunakan undangan digital, terutama bagi teman dan kerabat terdekat. Meski begitu, undangan cetak tetap perlu kamu pertimbangkan untuk sebagian kerabat dekat.

2. Minta bantuan teman atau kerabat.
Selain undangan, suvenir adalah salah satu kebutuhan pernikahan yang menghabiskan banyak anggaran. Kamu bisa mengkreasikan souvenir pernikahan dengan kreasimu dengan bantuan teman. Banyak ide atau inspirasi suvenir di internet yang bisa kamu coba.

3. Tekan biaya suvenir.
Selain undangan, suvenir adalah salah satu kebutuhan pernikahan yang menghabiskan banyak anggaran. Banyak ide atau inspirasi suvenir di internet yang bisa kamu coba.

4. Minimalisir biaya seragam untuk keluarga.
Tak jarang, banyak yang memilih untuk membeli bahan dan menjahit seragam untuk kerabat yang nantinya akan dipakai pada acara pernikahan. Kamu bisa saja cukup menyewa seragam bagi keluarga tanpa harus membeli atau menjahitnya ke penjahit.

5. Pilih tempat yang terjangkau.
Biaya sewa tempat juga menjadi anggaran yang cukup memerlukan biaya yang besar. Tak harus tempat yang megah dan luas, kamu bisa saja memanfaatkan halaman rumah atau sejenisnya untuk prosesi pernikahan.

6. Dekorasi minimalis.
Untuk menghemat biaya pernikahan, dekorasi sendiri untuk menghemat biaya adalah kuncinya.

7. Rencanakan pernikahan sendiri.
Penggunaan jasa wedding organizer memang tengah menjadi tren pernikahan akhir-akhir ini. Kamu bisa membentuk sebuah panitia kecil yang berisikan kerabat atau teman dekat untuk menyiapkan segala keperluan sampai hari pelaksanaan pernikahan.

8. Pilih menu makanan yang umum.
Kamu tidak perlu muluk-muluk menu jamuan makanan untuk tamu undangan harus terlihat mewah. Siapkan menu makanan yang umum dihidangkan dan dapat dinikmati semua orang, misalnya nasi uduk, bakso, ayam, dan sebagainya. Dengan demikian, biaya yang telah dikeluarkan untuk makanan tidak terbuang sia-sia.

9. Lebih baik sewa daripada beli.
Ada keperluan pernikahan yang memang harus kamu beli, namun tidak semuanya. Beberapa keperluan pernikahan juga dapat kamu sewa daripada harus mengeluarkan biaya untuk membelinya. Contohnya, gaun pengantin, sepatu, dan masih banyak lagi. 

10. Pangkas biaya yang tidak penting.
Cara terakhir, kamu bisa memangkas keperluan pernikahan yang tidak penting. Misalnya, kamu nggak perlu mendekor meja undangan dengan nama pengantin atau terlalu banyak menaruh dekorasi. kamu bisa mengeliminasi pengeluaran tersebut dan mengalokasikan anggaran ke kebutuhan yang lebih penting dan krusial.**
Share:
Komentar

Berita Terkini