Hati Hati!! Kanker sedang Mengintai Penikmat Ikan Asin

Anonim
Sabtu, 13 Juli 2019 - 20:11
kali dibaca

Mediaapakabar.com- Ikan asin memang sangat nikmat bagi hampir semua orang. Dalam memasak ikan asin, dari di goreng, disambal tetap nikmatnya luar biasa. Namun, apakah anda sudah tau bahwa kanker sedang mengintai bagi yang suka mengkonsumsi ikan asin?

Menurut dokter ahli radiasi onkologi dr Denny Handoyo Kirana Sp Onk Rad, konsumsi ikan asin berlebihan berisiko mengakibatkan kanker saluran cerna. Risiko sesuai alur pengolahan makanan dalam sistem pencernaan.

"Kanker yang mungkin muncul adalah rongga mulut, nasofaring dekat tenggorokan, kerongkongan, dan lambung. Risiko paling besar adalah nasofaring karena letaknya ngumpet," katanya, Sabtu (13/7/2019).

Nasofaring adalah areal di belakang hidung yang lebih tinggi dari rongga mulut. Menurut dr Denny, areal ini berbahaya karena sulit dijaga kebersihannya. Areal nasofaring tak terjangkau usaha kebersihan setiap hari, layaknya sikat gigi untuk menjaga kebersihan rongga mulut

"Letak yang tersembunyi juga menyulitkan kontrol di bagian nasofaring. Padahal nasofaring dilewati sirkulasi udara dan pengolahan makanan di dasarnya setiap hari. Tak heran bila kanker nasofaring ditemukan bila ukurannya sudah besar,"ujarnya. 

Pertumbuhan benjolan ke arah telinga menimbulkan sensasi penuh, bergesekan dengan hidung mengakibatkan mimisan, atau sulit menelan seperti amandel. Kanker nasofaring biasanya diatasi dengan kemoterapi dan radiasi.

"Untuk mencegah kanker nasofaring, saya sarankan penerapan pola hidup sehat dengan olahraga, tidak merokok, dan diet seimbang. Usaha lainnya adalah rutin cek kesehatan, mengelola stres, dan cukup istirahat setiap hari," pungkasnya. (D)
Share:
Komentar

Berita Terkini