Gempa Guncang Sulawesi Utara Magnitudo 7,1, Aktivitas Masyarakat Sudah Kembali Normal

Admin
Senin, 08 Juli 2019 - 11:10
kali dibaca
Ilustrasi gempa. abcnews.com
Mediaapakabar.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Utara mengabarkan kondisi masyarakat sudah pulih setelah gempa bermagnitudo 7,1 mengguncang kawasan itu, pada Minggu, 7 Juli 2019. BPBD menyatakan aktivitas masyarakat hari ini sudah berjalan seperti sedia kala.

"Masyarakat sudah beraktifitas normal hari ini," kata Kepala Pelaksana BPBD Sulawesi Utara Joy Oroh dihubungi, Senin, 8 Juli 2019.

Di Sulawesi Utara, gempa dirasakan di lima kabupaten dan kota, yakni Kota Manado, Kota Bitung, Kepulauan Sangir, Sitaro, dan Kabupaten Bolaang Mongondow. Akibat gempa itu, masyarakat sempat keluar rumah mencari dataran yang lebih tinggi.

"Saat ini semua sudah kembali ke rumah masing-masing," kata Joy seperti yang dilansir dari Tempo.co.

BPBD menyatakan sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa ini. "Sejauh ini kami bersyukur tidak ada."

Gempa bumi bermagnitudo 7,1 mengguncang wilayah Sulawesi Utara dan Maluku Utara pada Ahad, 7 Juli 2019 pukul 22.08. Pusat gempa berada di Barat Daya Ternate.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan dini tsunami beberapa menit setelah gempa. Warga Maluku Utara sempat mengungsu ke tempat lebih tinggi. Peringatan itu kemudian dicabut pada pukul 00.01. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini