|

Gempa Guncang Australia dirasakan Hingga ke NTB dan NTT

Kali Dibaca

Mediaapakabar.com- Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 6,6 mengguncang wilayah laut di sebelah utara Australia Barat, Minggu (14/7/2019), pukul 13.39 Wita. Gempa dirasakan hingga NTB dan NTT. 

"Dampak gempa berdasarkan laporan masyarakat, menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, NTT, Sumbawa, Bima, NTB dalam skala intensitas III MMI dan Mataram II MMI," ungkap Kepala BMKG Stasiun Geofisika Waingapu, NTT Arief Tyastama, 

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal di Utara Port Hedland, Australia Barat. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa di wilayah laut di Australia Barat ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar mendatar (strike-slip fault). 

Getaran Sampai Lombok dan Bali Gempa barat laut Australia ini tercatat dengan baik pada sensor seismik BMKG seperti: PLAI (Plampang) pukul 12:41:42 WIB, WBSI (Waikabubak) pukul 12:41:26 WIB , WSI (Waingapu) pukul 12:41:27 WIB , KLNI (Lombok) 12:41:52, BATI ( Kupang) pukul 12:41:30 WIB. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. 

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," ujarnya.
Komentar

Berita Terkini