Acuan Turunnya Suku Bunga BI, Ini Kata Pengamat....

Anonim
Minggu, 21 Juli 2019 - 16:08
kali dibaca
Ist
Mediaapakabar.com- Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin mengatakan jika melihat tren perkembangan suku bunga acuan global yang memang trennya itu turun. Maka keputusan Bank Indonesia menurunkan suku bunga acuan sebesar 25 basis poin saya pikir sudah sangat tepat.
     
Menurutnya, penurunan suku bunga acuan tersebut memang dibutuhkan untuk menstimulan pertumbuhan ekonomi yang melambat belakangan ini. Karena bank tersebutlah yang berhadapan langsung dengan sektor rill.
    
"Yang panting diikuti dengan penurunan suku bunga simpanan dan pinjaman oleh bank umum," katanya,"Minggu (21/7/2019).
     
Gunawan menjelaskan dipangkasnya suku bunga acuan tersebut memang akan jadi acuan dunia perbankan untuk menyesuaikan bunganya.
    
"Artinya aktifitas ekonomi masyarakat sangat berhubungan erat dengan dunia perbankan yang menjadi mediatornya," ungkap Gunawan.
    
Masih ada cost of fund, overheat cost, net interest margin dan beberapa hal lain yang membentuk bunga perbankan itu sendiri.
Tetapi meskipun bunga perbankan itu tidak melulu hanya mengacu kepada bunga acuan BI 7 days repo rate. 
    
"Namun kita berharap perbankan kita lebuh terfokus untuk menyesuaikan besaran bunganya sesuai dengan penurunan bunga acuan di BI. Karena perekonomian kota saat ini lebih membutuhkan bunga murah untuk menstimulus perekonomian," ujarnya.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini