Rio Haryanto Andalkan latihan Gokart Sebelum Berlaga Blancpain GT di Sirkuti Suzuka Jepang

Admin
Rabu, 19 Juni 2019 - 09:16
kali dibaca
Pembalap T2 Motorsports Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro keluar dari pit sop saat balap pertama seri perdana Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 6 April 2019. Foto/T2 Motorsports
Mediaapakabar.com - Rio Haryanto yang memperkuat tim T2 Motorsports akan tampil di balap Blancpain GT World Challenge Asia seri 21-23 di Suzuka, Jepang.

Rio terbang ke Suzuka pada Selasa malam, 18 Juni 2019, dan tiba di negeri Matahari Terbit itu pada Rabu pagi, 19 Juni 2019.

Di Suzuka, Rio akan berpasangan dengan pembalap asal Singapura, Gregory Teo, yang menggantikan David Tjiptobiantoro. Rio akan memacu mobil Ferrari 488 GT3.

Gokart menjadi salah satu pilihan Rio untuk melatih konsentrasi, ketahanan dan juga fokus di trek selama jeda balap. Aktivitas yang memerlukan reaksi cepat ini memang sudah menjadi hobi Rio sejak berumur 6 tahun.

Tidak hanya mengandalkan gokart, Rio pun memanfaatkan teknologi di era digital ini dengan menggunakan simulator.

Dilengkapi tiga buah layar di sisi kanan, kiri dan tengah serta konsol yang menyerupai aslinya memungkinkan pengguna untuk melihat dan merasakan sensasi berkendara di trek secara real.

Selain gokart dan simulator, serangkaian persiapan fisik, mulai dari cardio, strength hingga latihan refleks juga dilakoni oleh Rio Haryanto sebagai salah satu pembalap T2 Motorsports.

“Seperti biasa, saya tetap rutin olahraga untuk menjaga stamina. Terkadang saya juga bermain badminton atau pingpong untuk melatih reflex dan agility” kata Rio Haryanto seperti yang dilansir Tempo.co, Rabu, 19 Juni 2019.

Rio yang pernah menjajal trek Suzuka di tahun 2016 tetap mempelajari lintasan dengan menonton video-video balap dan juga komunikasi dengan engineer. "Untuk persiapan mental, saya mempelajari trek Suzuka dari video-video balap dan komunikasi dengan  engineer. Dengan ini saya merasa lebih tenang dan siap menghadapi race yang akan datang,” katanya.

Ajang Blancpain GT World Challenge Asia dapat disaksikan secara live melalui officialYouTube channel GTWorld ataupun melalui siaran TV Fox Sports.

Sirkuit Suzuka yang juga digunakan untuk balap Formula 1 (F1) memiliki panjang 5,807 kilometer dengan 18 tikungan. Rekor lap tercepat untuk Blancpain GT World Challenge Asia dicetak pembalap Max Wiser (Ferrari 488 GT3) dengan waktu 2 menit 03,611 detik.

Jadwal Rio Haryanto di Blancpain GT World Challenge Asia Suzuka:


  • Sabtu, 22 Juni 2019 pukul 13:10 WIB
  • Minggu, 23 Juni 2019 pukul 09:10 WIB
Share:
Komentar

Berita Terkini