Libur Idul Fitri 1440 H/2019 Dinkes Medan Berikan Pelayanan Kesehatan di 14 Lokasi

Media Apakabar.com
Senin, 27 Mei 2019 - 16:25
kali dibaca
Libur Idul Fitri 1440 H/2019 Dinkes Medan Berikan Pelayanan Kesehatan di 14 Lokasi
Masrita Lumbantobing,Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Medan pada saat pemaparan di hadapan awak media di Medan,(doc:apakabar)
Mediaapakabar.com-Dinas Kesehatan Kota Medan siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di 14 lokasi berbeda selama libur Idul Fitri 1440 H/2019. Pelayanan tersebut bergabung dalam Pospam yang berfungsi dari tanggal 29 Mei sampai 10 Juni 2019.

" Ada 14 lokasi Pospam yaitu Pospam Thamrin, Medan Mall, Simpang Cemara, Aksara, Stasiun Kereta Api, Carrefour, Simpang Manhattan, Ringroad, Amplas, Simpang Pos, Simpang Kampung Salam, Simpang V Marelan Raya, Simpang Pertemuan dan Simpang Buaya", kata Masrita Lumbantobing,Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Medan kepada awak media, Senin (27/5/2019)siang.

Sedangkan empat Pospam lagi, lanjut Masrita, yang terakhir ini berada di wilayah kerja Polresta Belawan. "Dengan melibatkan tenaga medis, paramedis dan ambulance Puskesmas yang berada di wilayah kerja dan juga melibatkan 20 rumah sakit sebagai pusat rujukan pasien yang memerlukan tindaklanjut pelayanan," ujarnya.

Masyarakat, tutur Masrita, tetap mendapatkan pelayanan kesehatan selama 24 jam pada Puskesmas rawat ianp yang memiliki UGD yang terdiri dari satu dokter dan dua perawat. Dari 41 Puskesmas di Kota Medan, enam diantaranya Puskesmas rawat inap yaitu Puskesmas Teladan, Bromo, Medan Area Selatan, Gulugur Darat, Medan Deli dan Belawan.

Sedangkan 35 Puskesmas non rawat inap hanya membuka posko pada libur bersama yakni tanggal 3,4 dan 7 Juni 2019 mulai pukul 08.00-14.00 WIB dengan membentuk piket pelayanan yang terdiri dari satu dokter dan dua perawat, ungkap Masrita.

Masrita  juga menyebut 20 rumah sakit yaitu RS Methodist, RS Estomihi, RS Permata Bunda, RS Martha Friska Multatuli, RS Murni Teguh, RS Siloam, RSUD Dr Pirngadi Medan, RS Malahayati, RS Colombia Asia, RS Royal Prima, RS Advent, RS Tere Margareth, RS Bina Kasih, RS Mitra Medika Amplas, RS Mitra Sejati, RSUP H Adam Malik, RS Sufina Aziz, RS Martha Friska Brayan dan RS Wulan Windy.

Pihaknya juga bekerjasama dengan Poldasu dan BNN Sumatera Utara melakukan pelayanan kesehatan terhadap supir angkutan yang berada Terminal Amplas dan Terminal Pinang Baris. Pemeriksaan kesehatan terdiri dari tekanan darah, guka darah, alkohol respirasi.

"Hal tersebut dimaksud untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang disebabkan faktor kondisi supir. Cek kesehatan dilakukan terhadap seluruh supir yang membawa armada mudik untuk menjadi persyaratan layak jalan," imbuh Masrita.

(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini