PERMAMPU Luncurkan Buku Kepemimpinan Perempuan

Media Apakabar.com
Minggu, 31 Maret 2019 - 00:06
kali dibaca
PERMAMPU Luncurkan Buku Kepemimpinan Perempuan
PERMAMPU Meluncurkan Buku "Jalan panjang Kepemimpinan Feminist LSM Perempuan di Sumatera" untuk Rayakan Hari Perempuan Internasional

Mediaapakabar.com-PERMAMPU konsorsium delapan Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) Perempuan Sumatera meluncurkan sebuah buku berjudul "Jalan Panjang Kepemimpinan Feminist LSM Perempuan di Sumatera" untuk merayakan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tahunnya di tanggal 8 Maret.

Buku ini mendokumentasikan dinamika kepemimpinan perempuan di Sumatera dalam memimpin berbagai lembaga yang fokus pada pemberdayaan perempuan untuk menyumbang perluasan ide dan praktik kepemimpinan perempuan di ORNOP/LSM Perempuan ke wilayah lain.

Buku ini diluncurkan dari Program MAMPU, kemitraan Pemerintahan Australia dan Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan.

Konsorsium PERMAMPU adalah mitra kerja Program MAMPU penguatan kepemimpinan perempuan untuk menghapuskan feminisasi kemiskinan melalui advokasi Hak Kesehatan Seksual Reproduksi (HKSR) dan Gizi perempuan di 233 desa di 34 Kabupaten/kota delapan provinsi di Sumatera.

Konsorsium beranggotakan delapan LSM Perempuan yang sudah berkarya lebih dari 15 tahun dalam pemberdayaan perempuan akar rumput ini.

Melihat pentingnya mendokumentasikan pembelajaran tentang kepemimpinan perempuan di dalam Organisasi Non-Pemerintahan (ORNOP) atau LSM Perempuan.

" Pembuatan buku ini didasari oleh dorongan untuk memberikan beberapa pemikiran mengenai pergantian kepemimpinan dan regenerasi dalam lembaga serta merespon ragam pandangan lain seperti adanya 'one-woman shows' atau melemahnya LSM Perempuan setelah melakukan pergantian pemimpian," disampaikan oleh Dina Lumbantobing - Koordinator Pelaksana Konsorsium PERMAMPU di Medan, Jumat (29/3/2019).

PERMAMPU, selama 6 bulan, menuliskan perjalan empat dari delapan LSM Perempuan di Sumatera anggota konsorsium, yaitu Flower Aceh, PESADA Sumatera Utara, LP2M Sumatera Barat, dan Cahaya Perempuan WCC Bengkulu.

Proses penulisan menghasilkan sebuah buku yang menggambarkan pengalaman panjang penuh dinamika di keeempat lembaga tersebut dalam memimpin LSM Perempuan.

"Pembelajar seputar kepempinan perempuan yang telah dipetik PERMAMPU merupakan buah dari pengalaman berharga dalam melawan diskriminasi dan stereotip gender, khususnya yang terkait hak-hak kesehatan seksual dan reproduksi perempuan ketika berada di posisi pimpinan eksekutif." Ungkap Kate Shanahan - Team Leader Program MAMPU.

PERMAMPU berharap buku ini dapat menjadi sumber pembelajaran serta menyumbangkan ide bagi praktik kepemimpinan perempuan di ORNOP/LSM Perempuan tidak hanya di pulau Sumatera, tapi untuk gerakan perempuan di seluruh wilayah Indonesia.

Tentang Perempuan Internasional

Hari perempuan internasional diperingati setia tanggal 8 Maret setiap tahunnya untuk merayakan prestasi peremouan secara sosial, sekonomi, budaya, dan politik.

Hari internasional ini juga menjadi ajakan bagi seluruh elemen masyrakat untuk mempercepat kesetaraan gender, mengangkat tema tentang "Think equal build smart, innovate for change".

Tema ini untuk menggugah kesadaran perempuan untuk mendesak ruang politik yang demokratis, setara, dan bebas kekerasan bagi perempuan.

Tentang Program MAMPU
MAMPU adalah kemitraan Pemerintah Australis (DFAT) dan Indonesia yang bekerja untuk meningkatkan akses perempuan miskin ke layanan penting dan program pemerintah lainnya untuk mencapai kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) oleh Pemerintah Indonesia. Mampu bekerja di 27 provinsi, lebih dari 150 kabupaten/kota, mencapai lebih dari 1.000 desa.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini