Kabar Gembira, Seluruh PNS dan Pensiunan Bakal Terima Kenaikan Gaji 5 Persen Mulai April 2019

Admin
Rabu, 20 Maret 2019 - 09:39
kali dibaca
Ilustrasi
Mediaapakabar.com - Kabar gembira bagi para pegawai negeri sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Sebab, pada April 2019 akan merasakan kenaikan gaji sebesar 5%. Kenaikan gaji ini bahkan diberlakukan kepada seluruh abdi negara dan juga pensiunan.

Seluruh abdi negara yang dimaksud meliputi PNS pusat, daerah, TNI, Porli, serta pensiunan.

"Ya betul berlaku untuk semua aparatur pemerintah. Selain itu pensiun pokok juga naik 5%," kata Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (18/3/2019).

Melansir Detik.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya resmi meneken aturan tentang kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) tahun 2019. Ketentuan tersebut mulai berlaku sejak 1 Januari 2019.

Kenaikan gaji PNS ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil.

Mengutip dari salinan PP tersebut, Sabtu (16/3/2019), aturan ini ditandatangani Jokowi pada 13 Maret 2019 lalu. Dengan pertimbangan meningkatkan daya guna dan hasil guna serta kesejahteraan PNS, maka pemerintah menaikkan gaji pokok PNS.

Baca juga: Trump Gunakan Hak Veto Demi Bangun Tembok Perbatasan Meksiko

Selanjutnya, tidak lama lagi atau dalam hitungan hari Kementerian Keuangan akan mengeluarkan peraturan atau petunjuk teknis berupa PMK beserta surat edaran (SE) dari Ditjen Perbendaharaan sebagai dasar pembayaran rapel atau kenaikan gaji PNS Tahun 2019. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini