Heboh Dokumen KPU Diangkut Kontainer Asing, Komisioner Jawab Begini

Admin
Selasa, 12 Maret 2019 - 09:29
kali dibaca
Kontainer asing pengangkut dokumen KPU
Mediaapakabar.com - Foto-foto kontainer asing beraksara Jepang yang mengangkut dokumen KPU viral di media sosial. Foto kontainer asing itu diposting oleh mantan Wasekjen Partai Demokrat, Andi Arief.

Ada dua foto yang diunggah Andi Arief. Foto pertama memperlihatkan dua orang polisi dan seorang wanita berhijab berdiri di samping kontainer sambil menunjukkan logo KPU yang tertempel di kontainer asing itu.
Di bagian atas logo KPU, terdapat tulisan ‘dokumen negara’. Kontainer asing itu dikawal seorang polisi bersenjata lengkap.
Sementara pada foto kedua, tampak beberapa orang menurunkan dokumen negara tersebut dari dalam kontainer.
Melansir Pojoksatu.id, Andi Arief meminta agar dibantu untuk mengkonfirmasi ke KPU terkait foto kontainer asing yang membawa dokumen negara berlogo KPU.
“Ini sudah dilaporkan ke KPU melalui seorang wartawan. KPU meminta membantu mencari data tentang ini, kapan dan dimana. Tugas KPU dan kita semua mencari kebenaran,” cuit akun @AndiArief_.
Menanggapi hal itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan bahwa tidak ada keanehan dari foto yang diunggah Andi Arief terkait kontainer beraksara asing dengan logo KPU. Jadi, tak perlu diberi narasi aneh-aneh.
Kontainer pengangkut surat suara
Kontainer asing angkut dokumen KPU. (Twitter/Andi Arief)
Komisioner KPU Ilham Saputra mengatakan apa yang ada di foto benar adanya. Itu adalah kegiatan membawa barang melalui kontainer yang berasal dari percetakan lokal. Yakni, konsorsium percetakan yang pabriknya berasal dari Solo.
“Itu penurunan logistik di Kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta. Tidak ada surat suara dari Tiongkok atau dari Jepang. Tidak ada,” kata Ilham di kantornya, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/3).
Lebih lanjut dia menjelaskan, surat suara yang dikirimkan berasal dari pemenang tender logistik. Lantas, dikirimkan ke Kulonprogo. Perempuan dalam foto, kata Ilham, adalah adalah Ketua KPUD Kabupaten Kulonprogo.
“Namanya Ibu Mutia. Kemudian itu dikawal dari Polres. Di foto juga terlihat ada ada polisi kan,” tambahnya.
Ilham menuturkan, kontainer yang mengangkut logistik kebetulan berasal dari Singapura. Memang, menyewa kontainer adalah sesuatu yang biasa.
Dia berharap setelah penjelasan dari KPU sudah ada, Andi Arief atau pihak lain tidak menyebarkan informasi yang salah.
“Dia (Andi Arief) juga bilang di Twitter bahwa silahkan dikonfirmasi oleh KPU. Nah, sekarang kita konfirmasi. Semoga tidak lagi disebarkan kemana-mana. Itu adalah surat suara untuk KPU Kabupaten Kulonprogo,” tegas Ilham. (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini