Tanamkan Budaya Cinta Membaca

Media Apakabar.com
Senin, 18 Februari 2019 - 19:38
kali dibaca
Tanamkan Budaya Cinta Membaca
Doc: apakabar
Mediaapakabar.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sebagai wahana pendidikan harus mampu mengembangkan, mengakses, memahami dan menggunakan informasi secara cerdas melalui gerakan Literasi dan Budaya membaca. 

Upacara diwarnai dengan pemberian tali asih kepada ASN yang memasuki masa pensiun dihadiri Bupati Sergai H Soekirman, Wabup Sergai H Darma Wijaya, Mewakili Dandim 0204/DS Mayor  Mukhsin, Sekdakab Hadi Winarno para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD dan ASN dijajaran Pemkab Sergai. 

“Tujuan utama dari Perpustakaan adalah untuk menyediakan koleksi dan layanan dalam berbagai forum media guna memenuhi kebutuhan para pustaka untuk keperluan pendidikan informasi dan pengembangan diri termasuk rekreasi dan pengisi waktu luang. Hal ini ditindaklanjuti dengan adanya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Perpustakaan merupakan salah satu urusan wajib pemerintah,” kata Bupati Sergai H Soekirman saat menghadiri Upacara Hari Kesadaran Nasional Tahun 2019 yang digelar di Halaman Kantor Bupati di Sei Rampah Senin (18/2/2019). 

Lanjut Bupati Budaya baca seharusnya ditanamkan sejak usia dini di lingkungan keluarga sebagai upaya untuk menjadikan keluarga sebagai tempat pembelajaran dengan melibatkan publik peran serta warga, sekolah, guru, peserta didik, orang tua, akademisi, dunia usaha dan pemangku kepentingan untuk menumbuh kembangkan budaya Literasi di mulai dari tingkat sekolah menjadi Gerakan Literasi.  

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sergai telah melaksanakan program revitalisasi pengembangan perpustakaan umum melalui transformasi pelayanan perpustakaan berbasis inklusi dengan kegiatan Kusrus komputer kepada Guru TK se-Kec Perbaungan, pelaksanaan pelatihan membatik, mengadakan kegiatan perlombaan melukis bagi anak-anak SD se-Kec Perbaungan, dan mengadakan kegiatan nonton bareng dan mendongeng yang datang ke perpustakaan secara berkelompok. 

“Saya tertarik dengan sebuah novel karya Yudhistira ANM Massardi berjudul “Penari Dari Serdang” yang mengangkat kisah berlokasi di Perbaungan. Isi novel tersebut sarat dengan budaya dan sejarah, maka saya berharap dengan inspirasi dari novel yang sebentar lagi akan dibuat Trilogi tersebut akan dapat menyamai novel “Laskar Pelangi” yang dibuat menjadi sebuah film fenomenal, yang nantinya meningkatkan kunjungan wisata di Sergai seperti halnya pulau Belitung sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi tersebut." 

Selanjutnya Bupati menyampaikan, tanggal 17 Pebruari kemarin adalah bertepatan dengan tahun ketiga kepemimpinan Pemerintahan Soekirman-Darma Wijaya. Untuk hal tersebut diatas dihimbau kepada seluruh OPD untuk melakukan evaluasi visi misi dan program yang telah dilaksanakan agar lebih mengarah dan menyentuh langsung ke masyarakat. (willy)
Share:
Komentar

Berita Terkini