Museum Negeri Sumut Perlu Direhab

Media Apakabar.com
Kamis, 21 Februari 2019 - 19:52
kali dibaca
Museum Negeri Sumut Perlu Direhab
Doc: apakabar
Mediaapakabar.com-Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) mengatakan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) perlu melakukan renovasi dan pembenahan Museum Negeri Sumut, baik dari segi koleksi, interior dan lainnya.

" Memang museum yang sudah ada ini sudah baik, Bahkan pernah dinobatkan menjadi museum terbaik se-Indonesia pada tahun 2015. Tetapi tentu perlu kita tingkatkan lagi, khususnya dari segi koleksi, interior, penyajian informasi, dan lainnya. Sehingga lebih menarik dan semakin banyak yang berkunjung baik dari masyarakat lokal maupun dari luar,” ujar Musa Rajekshah saat melakukan kunjungan ke Museum Negeri Sumut Jalan HM Joni Medan Kamis (21/2/2019). 

Wagubsu Musa Rajekshah yang juga akrab disapa dengan Ijeck menilai bahwa selama ini banyak masyarakat yang beranggapan bahwa museum terkesan membosankan dan kaku. Hal ini menjadi salah satu pengaruh yang mengurangi minat masyarakat untuk berkunjung. Padahal, menurut Ijeck, museum miliki peran penting dan strategis untuk mengedukasi masyarakat sekaligus miliki potensi menjadi tempat wisata edukasi.

“Nah untuk itu, kita harus pikirkan inovasi-inovasi yang membuat hidup museum ini. Kalau kita perhatikan di negara-negara maju itu, bagus-bagus museumnya. Teknologi yang digunakan di museum sudah menuju digitalisasi, interior dan display nya menarik, mudah-mudahan kita akan segera mengarah ke sana,” jelas Ijeck.

Sembari berkeliling, Ijeck sesekali memberi masukan kepada Kepala Dinas Disbudpar Hidayati dan pejabat pengelola museum. Beberapa masukan diantaranya untuk segera memperkaya koleksi terkait delapan etnis di Sumut.  

“ Semoga Pemprovsu mempunyai anggaran yang cukup untuk merenovasi, memperbaiki, dan membenahi museum ini sehingga lebih banyak masyarakat kita dan dari luar yang merasakan manfaat edukatif dari museum ini. Sebelum memulai rencana renovasi, kita mau ada masterplan secara menyeluruh supaya pekerjaan ini sifatnya jangka panjang tidak mengulang-ulang terus,” tutur Ijeck yang juga didampingi oleh Asisten Administrasi Umum dan Aset Setdprovsu Zonny Waldi.

Sementara itu, Kepala Dinas Disbudpar Hidayati menyampaikan apresiasi atas perhatian dan kunjungan Wagubsu Musa Rajekshah ke Museum Negeri Pemprovsu. 

“Tadi ada banyak sekali arahan yang disampaikan Bapak Wagub, sudah pasti kami siap untuk mengikuti dan melaksanakan arahan beliau, salah satunya yang prioritas yakni meningkatkan pemanfaatan fasilitas digitalisasi untuk menunjang pelayanan dan peningkatan kualitas museum ini," kata Hidayati. 

Saat ini, kata Hidayati, Disbudpar Provinsi Sumut sedang mempersiapkan program Museum Masuk Sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta bagi pelajar untuk mencintai museum. (*/joel)

Share:
Komentar

Berita Terkini