Hari Sampah Kota Medan Dipusatkan Di Griya

Media Apakabar.com
Kamis, 21 Februari 2019 - 19:26
kali dibaca
Hari Sampah Kota Medan Dipusatkan Di Griya
Doc: apakabar
Mediaapakabar.com-Peringatan Hari Peduli Sampah di Kota Medan dipusatkan diseputaran Danau Griya Martubung Jalan Pancing, Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan Kamis (21/2/2019).  

Selain penanam pohon, peringatan ditandai dengan menggelar aksi bersih pungut sampah. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi sekaligus  mengedukasi masyarakat untuk  senantiasa hidup bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

Wakil Wali Kota Medan H Akhyar Nasution bersama Dandim 0201/BS hadir dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah (HPS) tersebut. 

Selain mengutip sampah, keduanya juga ikut menanam pohon untuk penghijauan di pinggiran Danau Griya Martubung bersama Asisten Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Khairul Syahnan beserta seluruh peserta dan penggiat kebersihan. 

Aksi bersih pengutipan sampah juga didukung personel Kodim 0201/BS beserta jajaran Kecamatan Medan Labuhan. Dari lokasi acara, seluruh peserta berjalan mengitari pinggiran Danau Griya sambil memunguti sampah. Di samping itu juga melakukan pembersihan jalan dan membabat rumput dan gulma menggunakan mesin babat. 

“ Tanpa dukungan penuh seluruh elemen dan lapisan masyarakat,  sangat sulit untuk mewujudkan kebersihan di Kota Medan. Dukungan itu dapat diwujudkan dengan mewadahi sampah rumah tangga masing-masing untuk mempermudah petugas kebersihan mengangkutnya menuju tempat pembuangan sementara (TPS) hingga tempat pembuangan akhir (TPA)." 

Diungkapkan Wakil Wali Kota, setiap hari sampah yang dihasilkan sekitar 2.000 ton. Dari jumlah itu, 50 % diantaranya merupakan sampah dari rumah tangga. Oleh karenanya apabila masyarakat dapat mengatasi sampah rumah tangga tersebut, tentunya sangat membantu tugas pemerintah untuk mewujudkan kebersihan.  

Sebelumnya Kabid Operasi Persampahan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan Baharuddin Harahap mengatakan tujuan digelarnya peringatan HPS  untuk membangun kesadaran bersama untuk hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah. 

“ Selain itu melalui peringatan HPS, kita juga ingin meningkatkan peran aktif dan langkah-langkah pemerintah daerah serta masyarakat luas dalam pengelolaan sampah." (*/dani) 
Share:
Komentar

Berita Terkini