Diwakili Plt Kadis Pendidikan, Walikota Buka Seminar

Media Apakabar.com
Kamis, 24 Januari 2019 - 18:20
kali dibaca
Ist
Mediaapakabar.com-Indonesia sebagai negara yang berada di jalur cincin api atau Ring Of Fire, memiliki sejarah yang panjang dengan berbagai bentuk bencana. 

Belajar dari pengalaman tersebut, maka nenek moyang bangsa ini telah mengerti bahwa untuk bisa hidup berdampingan dengan alam, manusia tidak usah melawan kodrat yang telah ditentukan oleh alam. Manusia itu sendiri harus mampu membuat berbagai bentuk kearifan lokal sehingga alam menjadi sahabat kita. 

Demikian Wali Kota Medan diwakili Plt. Kadis Pendidikan Kota Medan H Marasutan pada  Seminar Nasional "Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Lingkungan yang Produktif" di Ruang Senat Biro Rektor USU, Kamis (24/1/2019). 

Plt. Kadis Pendidikan Kota Medan menjelaskan bahwa salah satu bentuk kearifan lokal bisa dilihat dalam hal arsitektur tradisional bangunan di tanah air ini. Contohnya adalah rumah tradisional di Nias yang dibangun dengan kokoh walaupun tanpa menggunakan paku. 

Dalam kesempatan ini Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Prof Johannes Tarigan menyampaikan Kearifan lokal adalah pandangan dari suatu tempat yang bersifat bijaksana dan bernilai, baik yang diikuti dan dipercayai oleh masyarakat di suatu tempat tersebut dan sudah diikuti secara turun temurun.  

"Kearifan lokal tersebut menjadi penting dan bermanfaat hanya ketika masyarakat lokal yang mewarisi sistem pengetahuan itu mau menerima dan mengklaim hal itu sebagai bagian dari kehidupan mereka," ucapnya.  

Turut hadir dalam seminar ini Wakil Rektor III Universitas Sumatera Utara Mahyuddin K.M. Nasution Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara Prof Johannes Tarigan, Ketua Departemen Arsitektur Falultas Teknik Universitas Sumatera Utara Dwira Nirfaloni Aulia beserta staf pengajar. (*/dani)
Share:
Komentar

Berita Terkini