Debat Presiden 'Hangat' Soal Hoaks

Media Apakabar.com
Kamis, 17 Januari 2019 - 22:23
kali dibaca
Int 
Mediaapakabar.com-Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo mengungkit kasus hoaks tim sukses Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, yakni Ratna Sarumpaet, saat debat capres perdana.

Sebagaimana disadur dari CNN Indonesia, Jokowi mengungkit kasus Ratna menanggapi pertanyaan Prabowo yang mengkritik penegakan hukum di era Jokowi-Jusuf Kalla. 


Menurut Prabowo, banyak masyarakat yang merasa aparat hukum berat sebelah. Contoh yang disebut Prabowo soal adanya kepala daerah dan gubernur yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin karena ditekan secara hukum, bahkan ditangkap.

"Jangan menuduh seperti itu pak Prabowo," kata Jokowi saat debat capres perdana di Hotel Bidakara, Jakarta pada Kamis (17/1/2019). 


Jokowi mengklaim Indonesia adalah negara hukum dan menjalankan mekanisme hukum. Untuk itu ia meminta Prabowo jika ada barang bukti soal adanya tekanan hukum terhadap kepala daerah maka sampaikan langsung ke penegak hukum.

"Jangan grusak-grusuk jurkam pak Prabowo misalnya. Katanya dianiaya, mukanya babak belur. Tapi apa yang terjadi, tapi operasi plastik. Akhirnya konpers loh ini negara hukum," sindir Jokowi. 


Jokowi kembali mengingatkan Prabowo untuk mengikuti mekanisme hukum dan berikan barang bukti ke penegak hukum. 

Sebelumnya Prabowo menyinggung Prabowo soal adanya upaya kriminalisasi hukum kepada kepala daerah yang mendukung Prabowo-Sandi di pilpres 2019. 

"Ada kepala desa di Jawa Timur. Menyatakan dukungan kepada kami ditangkap saya kira ini perlakuan tidak adil dan pelanggaran HAM karena melarang menyatakan pendapat kepada siapapun. Saya kira ini mohon diperhitungkan karena ada anak buah bapak seperti itu," kata Prabowo. (*/zih)
Share:
Komentar

Berita Terkini