Peringati 20 Tahun Komnas Anak, 10 Pegiat Diberi Awards

Media Apakabar.com
Senin, 19 November 2018 - 18:54
kali dibaca
foto: Ist 
Mediaapakabar.com-Memperingati 20 Tahun Komnas Perlindungan Anak bersama ANAK Indonesia, Komisi Nasional.Perlindungan Anak yang didirikan sejak 1998 sebagai lembaga perlindungan anak independen di Indonesia.  

Melalui seleksi yang ketat memilih dan menetapkan 10  pegiat perlindungan anak dari berbagai latar belakang profesi di Indonesia untuk mendapatkan KOMNAS ANAK AWARDS 2018.

Penyerahan Komnas Anak Awards  2018  dari betbagai kota di Indonesia dilakukan oleh Prof  Yahana Susana  Yembise, Menteri Pemberdayaan Petempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia bersama Menteri Sosial. 

Diwakili Direktur Reabilitasi Sosial Nahar dan didampingi Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait di Ruang Teater Gedung Perpustakaan Nasional  di Jakarta pada Minggu 18 November 2018.

Dihadapan ratusan aktivis perlindungan anak dan para pejabat pemerintah, para pejabat dilingkungan Pemda DKI, Walikota Jakarta Pusat,  mahasiswa, media masa serta kalangan dunia usaha dan Polisi  yang memadati Ruang Teater Perpustakaan Nasional Jakarta.  

Mama Yo sapaan akrab Menteri asal Papua mengatakan,  untuk memutus mata rantai kekerasan terhadap anak sangatlah strategis  melibatkan peran serta masyarakat dari semua lapisan termasuk peran serta anak.  

Oleh sebab itu sangatlah tepat jika hari ini Komnas Perlindungan Anak memilih dan menetapkan 10 orang dari berbagai latarbelakang, profesi dan dari berbagai tempat di Indonesia menerima Komnas Anak Awards untuk menjadi penggerak dalam gerakan nasional perlindungan anak di Indonesia. 

" Oleh sebab itu, saya ucapkan  selamat untuk penerima Komnas Anak  Awards 2018," ucapnya. 

Sementara itu, Arist Merdeka Sirait Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak mengatakan penetapan 10 penerima awards 2018 dilakulan sangat selektif. 

Selain melakukan verifikasi juga dilakukan kunjungan lapangan untuk melihat sercara langsung kegiatan yang berhubungan dengan anak, kemudian membahasnya dalam sidang pleno panitia Seleksi. 

Ke 10 penerima Komnas Anak Awards 2018 ini diharapkan menjadi mitra kerja strategi Komnas Anak di daerah untuk mempromosikan, memenuhi dan mensosialisasikan perlindungan anak. 

Arist menambahkan, untuk memutus mata rantai kekerasan terhadap anak dilingkungan adalah tepat melibatkan partisipasi anak. 

Anak jangan hanya dilihat sebagai anak bermasalah semata tetapi marilah kita tempatkan anak sebagai bagian yang tidak bisa dipisahkan dari solusi. Inilah yang mendasari penilaian dan penetapan bagi penerima awards. 

Diakhir kata sambutan, Arist  memberikan pesan moral kepada semua audens yang hadir teristimewa kepada 10 orang penerima Komnas Anak Awards untuk senantiasa berpihak pada kepentingan terbaik anak.

Sementara itu 10 penerima Komnas Anak Awards 2018 dari berbagai latar belakang dan profesi 2 diantaranya adalah anak, yakni Muhammad Gusti dari Lampung, Afrida Aviolita Melindasari dari Kota Batu dan seorang perempuan tangguh  Hj..Masni. 

Kadis PPPA Propinsi Maluku Utara dan tiga Kapolres, Kapolres Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kapolres Konawe Selatan Sultra dan Kapolres Tanah Datar Sumatera Barat. 

Demikian juga diberikan kepada Bupati Gianyar Bali, Walikota Jakarta Barat, Askrindo dan Perpustakaan Nasional.   
Share:
Komentar

Berita Terkini