Peserta Putra MFQ Banyak Tersingkir, Peserta Akui Soal Sulit

Media Apakabar.com
Senin, 08 Oktober 2018 - 11:54
kali dibaca
foto: apakabar/Ist
Mediaapakabar.com- Sejumlah peserta Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ) golongan Fahmil, kategori putra yang tersingkir di babak penyisihan mengaku mendapat banyak pengalaman baru selama bertanding. 

Selain bersaing dengan peserta yang memiliki kemampuan seimbang, ragam soal yang dipertanyakan dewan hakim juga dianggap baru dan bervariasi, Minggu (07/10/2018). 

Peserta di grup 6 asal Provinsi Jawa Tengah atas nama M.Choirul Jihad, Burhanauddin Tobrani dan M. Sais Madany yang ditemui usai terisngkir di babak penyisihan mengaku mendapat kesulitan dengan soal yang dilontarkan dewan hakim selama bertanding. 

" Ya meski kami kalah, kami mendapat banyak pengalaman terutama untuk soal yang dipertanyakan bukan soal kami pelajari,” kata Tobrani.  Walau begitu, Tobrani menganggap lawan-lawan yang mereka hadapi memang punya kemampuan lebih baik terutama terkait soal fiqih. 

Menurut mereka, kekalahan ini akan kami jadikan pelajaran dan motivasi untuk lebih baik ke depannya. " Yang penting belajar dan terus belajar,” ucap Tobrani. 

Terkait soal yang dianggap baru ini juga dikemukakan peserta asal Provinsi Kalimantan Barat yang keluar sebagai pemenang grup enam atas nama Fuady Farid Albari, Ahmad Muhsin, Rizka Hadad Alwi dengan nilai 1.135. 

" Memang kami akui soal tadi banyak yang baru dan belum kami pelajari. Terutama soal potongan ayat disempurnakan. Kalau  soal lain seperti fiqih dan lainnya masih bisa dijawab dan pelajari. Alhamdulillah kami berhasil masuk ke semi final,” jelas Fuady Farid  Albary yang biasa disapa Fuad. 

Untuk menapak ke laga berikut, Fuad dan kedua rekannya akan lebih mempersiapkan diri agar masuk ke final. 

“ Persiapan khusus untuk semi final nanti tidak ada, yang penting kami tetap belajar dan berusaha semaksimal mungkin. Mudah-mudahan Allah mempermudah perjuangan kami,” tutupnya ‘haqqul’ yakin. 

Cabang lomba yang biasa disebut cerdas cermat MTQ ini   memperlombakan beberapa kategori soal diantaranya, hifzil qur’an, tafsir al-qur’an, tilawah al-qur’an, hadist,fiqh,bahasa arab, usul fiqh, sejarah arab, ulumul qur’an, LPTQ, hukum, faturrahma dan sebagainya. 

MusabaqahFahmilQur’an (MFQ) ini dilaksanakan dengan sistem gugur melalui babanpenyisihan, semi final dan final. Regu pemenang pada setiap grup berhak maju ke babak berikutnya  (joel)






Share:
Komentar

Berita Terkini