Antisipasi Kejahatan dan Sindikat Narkoba di Laut,Bakamla RI - BNN Gelar Latihan Bersama

Media Apakabar.com
Selasa, 07 Agustus 2018 - 17:16
kali dibaca
Doc apakabar/rel
Mediaapakabar.com--Guna mengantisipasi tindak kejahatan dan sindikat narkoba di wilayah perairan Indonesia, Bakamla RI - Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar latihan bersama di Batam, Kepulauan Riau. 

Acara dibuka Deputi Operasi dan Latihan Bakamla RI Laksamana Muda TNI Semi Djoni Putra, di Hotel Aston Batam & Residence, Batam, Provinsi Kepri, Selasa (07/08/2018). 

Latihan bersama sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) ini rencananya dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 7 sampai dengan 10 Agustus 2018, dan diikuti 30 personel gabungan dari Kantor Kamla Zona Maritim Barat serta awak KN Belut Laut-4806, dan melibatkan narasumber dari BNN pusat. 

Tempat latihan di wilayah Zona Maritim Barat di Batam serta perairan Batu Ampar Batam yang berada di Selat Malaka berbatasan langsung antara perairan Indonesia dengan Singapura. Latihan bersama dan Bimtek yang digelar bertujuan untuk mensinergikan kerjasama antara Bakamla RI dengan BNN, serta meningkatkan keamanan maritim terutama dalam bidang pencegahan penyelundupan narkoba lewat laut.

Ada beberapa sasaran yang dituju dari kegiatan ini, yakni terciptanya kemampuan peserta dalam mengenal jenis-jenis narkoba, mendeteksi dan menangani penyelundupan narkoba. Dengan terciptaya kerjasama Bakamla RI dengan BNN diharapkan dapat meningkatkan keamanan perairan Indonesia dari penyelundupan Narkoba, tersosialisasikannya kerjasama koordinasi dalam prosedur dan tindakan operasi laut serta terciptanya kesamaan pemahaman dan pengembangan dalam Standar Operasi Prosedur (SOP) dalam penanganan dan pencegahan  penyelundupan narkoba di laut.

Dalam pembukaan acara, Deputi Opslat Bakamla RI membacakan amanat Kepala Bakamla RI Laksdya TNI (Purn) Ari Soedewo,yang mengatakan bahwa kegiatan latihan bimbingan teknis ini merupakan upaya Bakamla RI dalam menyiapkan aparatur dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki kompetensi dibidang keamanan dan keselamatan laut khususnya dalam penanganan tindak pidanan penyelundupan narkoba, sehingga nantinya penugasan di lapangan dapat terlaksanakan penanganan sesuai prosedur yang benar.

Lebih Lanjut Kabakamla menyampaikan, tindak pidana narkoba merupakan kejahatan lintas negara yang terorganisir, dengan menggunakan modus operandi secara rapi, didukung jaringan organisasi yang luas, sehingga pemerintah menyatakan perang terhadap narkoba karena memiliki dampak kelangsungan terhadap generasi muda bangsa.

Bakamla RI sampai saat ini terus berupaya melakukan penataan organisasi dan menyiapkan perangkat-perangkat kelembagaan agar nantinya dapat segera melaksanakan tugas dan fungsinya secara optimal guna melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di peraian Indonesia dan perairan yurisdiksi Indonesia sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2014.

Dalam kegiatan latihan bersama ini para peserta akan dibekali pengetahuan tentang regulasi terkait penyelundupan narkoba seperti jenis-jenis dan modus operandi, sindikat narkoba melalui laut, teknis mendeteksi narkoba serta penanganannya. Selain itu juga akan dilaksanakan Tactical Floor Game (TFG) serta manuver lapangan di laut meliputi komunikasi, pencarian, dan pencarian barang bukti, pengawalan dan penyerahan tesangka dan barang bukti ke instansi terkait untuk proses penyidikan.

Dalam sesi pembukaan latihan Bimtek ini dihadiri Direktur Latihan Bakamla RI Laksma TNI Eko Jokowiyono,Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Barat Laksma TNI Eko Murwanto,Kasubdit Dukopsla Joni Junaid,Kasubdit Duklat Kolonel Laut (T) Robby Darwin, Komandan KN Tanjung Datu-1101 AKBP Capt.Nyoto Saptono,(Han). M. Mar, dan Komandan KN Belut Laut-4806 Kompol Heni Mulyono,selain itu hadir pula AKP Heris Setia,AKP Tatang Arena,dan AKP Nurhamid,yang merupakan Petugas Penindakan BNN Pusat. 

Selain itu turut hadir pula jajaran Bakamla RI di Batam dan para pimpinan stakeholder kemaritiman wilayah Batam antara lain Kabid Inhuker Zona Maritim Batam Kolonel (Sus) Agus Hariyanto, Kepala Pangkalan Kapal Patroli Zona Maritim Barat  Letkol Laut (P) Andri Sunaryo, perwira dari Pangkalan TNI Angkatan Laut Batam Mayor Laut (KH) Kadek Ary, dari Kantor Pelabuhan Batam Adi Riawanto, Drs. M Nainggolan dan Tafsirudin dari BNNP Kepri, Rudi Murtono dari BP. Batam, Susila Brata dari kantor Bea Cukai Batam, Cahyo Dipo dari Polairud, dan Handrianus D dari Basarnas Batam.(***)
Share:
Komentar

Berita Terkini