Duh, Pria Miskin dari Kasta Rendah Dibunuh Gara-gara Nikahi Wanita Kaya Picu Gelombang Protes

Admin
Sabtu, 02 Juni 2018 - 11:30
kali dibaca
Gelombang protes akibat pembunuhan Kevin. Foto: AP
Mediaapakabar.com - Seorang laki-laki Katolik Dalit, kasta terendah di India, dibunuh setelah menikahi seorang wanita yang berasal dari keluarga Kristen Syria, golongan kaya.

Pembunuhan itu memicu protes di negara bagian Kerala di India selatan, Kamis, 31 Mei 2018.

Dilansir Cruxnow.com, Kevin P. Joseph (26), seorang anggota Keuskupan Vijayapuram dibunuh dalam apa yang disebut "pembunuhan kehormatan" pada 28 Mei lalu, lima hari setelah dia menikahi Neenu Chacko (20). Nenu merupakan seorang gadis dari sebuah keluarga Kristen yang makmur di distrik Kollam, namun melawan keinginan beberapa orang anggota keluarganya agar tak menikahi Kevin.

Pria itu diseret keluar dari rumahnya di distrik Kottayam bersama sepupunya dan dibawa sebuah geng yang diduga disewa keluarga gadis itu, kata polisi. Mayatnya kemudian ditemukan di sungai di Thenmala di distrik Kollam. Sementara sepupunya dibebaskan.

Ayah dan istri korban mengatakan, kepada media setempat, mereka mendekati polisi segera setelah penculikan, tetapi para petugas menolak untuk menjawab. Polisi mengatakan mereka sibuk mengatur keamanan untuk dikunjungi Pinaryi Vijayan, menteri utama Kerala.

Neenu menyebut saudaranya Shanu Chacko dan 11 orang bertanggung jawab atas kejahatan itu. Sebagian besar anggota geng termasuk dalam Federasi Pemuda Demokratis India, sayap pemuda yang terkait dengan aliansi komunis yang memerintah Kerala.

"Seandainya polisi bertindak tepat waktu, kehidupan bisa diselamatkan dan para penjahat bisa ditangkap dengan segera," kata Lathika Subhash, pemimpin sayap perempuan partai oposisi di Kongres dalam sebuah rapat protes.

Kejahatan itu terjadi di tengah-tengah tuduhan bahwa para pemimpin Partai Komunis India menggunakan polisi untuk mencapai tujuan mereka. Namun, polisi menangkap beberapa anggota federasi pemuda sehubungan dengan pembunuhan itu.

Laporan beredar bahwa pemerintah berencana untuk menangguhkan petugas polisi setempat termasuk kepala kepolisian distrik Kottayam.

Kongres dan Partai Bharatiya Janata yang pro-Hindu menyerukan pemblokadean sejak subuh hingga sore hari di Kottayam untuk memprotes kelambanan polisi setelah kejahatan itu dilaporkan.

Pembunuhan tersebut telah membuka perdebatan di Kerala tentang diskriminasi terhadap orang Kristen yang berasal dari kasta bawah oleh orang Kristen kasta atas, yang mengklaim sebagai keturunan kasta pendeta Hindu Brahmana yang diubah oleh St. Thomas Rasul.

Protes yang tersebar luas baru-baru ini diadakan orang-orang Kristen Dalit di Kerala terhadap diskriminasi yang mereka hadapi dari orang-orang Kristen kasta atas, umumnya dikenal sebagai orang Kristen Suriah karena hubungan kuno mereka dengan Gereja Suriah dan liturgi.

Seorang uskup Kristen Suriah baru-baru ini mengguncang masyarakat dengan mengatakan bahwa diskriminasi terhadap umat Kristen Dalit adalah karena "mitos" bahwa leluhur mereka adalah Brahmana, kasta atas.

Populasi Kristen Dalit hanya 2,6 persen dari 6,14 juta orang Kristen di Kerala pada tahun 2011, menurut sebuah studi oleh Pusat Studi Pembangunan. Umat Katolik mendominasi populasi Kristen dengan 3,7 juta. Orang-orang Kristen Suriah, yang kini terbagi menjadi tujuh gereja adalah kelompok mayoritas dan kelompok yang secara politik berpengaruh di negara bagian itu.

Aktivis dan pengacara wanita T.B. Mini mengatakan, pembunuhan demi kehormatan harus dilihat sebagai hasil dari kebangkitan kembali perasaan kasta yang tidak aktif di masyarakat Kerala.

"Perasaan kasta telah diperparah di Kerala setelah partai-partai sayap kiri, yang bekerja sebagai benteng melawan ketidaksadaran dan diskriminasi kasta, mulai mengejar politik kekuasaan," kata Mini.

Mengingat bahwa partai-partai komunis berada di garis depan dalam memerangi diskriminasi kasta dan menarik kasta lebih rendah ke partai, dia mengatakan bahwa "jika tren saat ini tidak terkendali, perdamaian akan terancam di Kerala." (AS)
Share:
Komentar

Berita Terkini