Wali Kota Ikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila

Media Apakabar.com
Sabtu, 01 Juni 2019 - 22:48
kali dibaca
Wali Kota Ikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila
Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S Msi MH beserta tamu undangan dengan khidmat saat mengikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila Tingkat Provinsi di Lapangan Benteng Medan Jalan Pengadilan, Sabtu (1/6).doc:apakabar
Mediaapakabar.com-Wali Kota Medan H T Dzulmi Eldin mengikuti Upacara Hari Kelahiran Pancasila Tingkat Provinsi di Lapangan Benteng Medan Jalan Pengadilan, Sabtu (1/6/2019).

Upacara yang dipimpin langsung Gubernur Sumatera Edy Rahmayadi ini berlangsung dengan khidmat, meski cuaca mendung dan gerimis, para peserta upacara tetap hadir untuk mengikuti jalannya pelaksanaannya upacara hingga selesai. Hal ini sebagai bentuk nasionalisme yang dimilki para peserta upacara untuk Indonesia.

Dalam sambutan tertulis Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Harioyono yang di bacakan oleh Gubsu, disebutkan, Pancasila mampu menyatukan rakyat sebagai satu bangsa dan hidup dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa", lanjut Gubsu, merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara, masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Disebutkan pula, berkat pancasila yang berlindan dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika.

“Dalam konteks itulah, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan,” ucapnya.

Dengan peringatan ini, paparnya, bangsa Indonesia mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragama dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

Sementara itu, usai mengikuti serangkaian kegiatan upacara tersebut, Wali Kota mengajak semua masyarakat Kota Medan untuk memegang teguh dasar pancasila demi menjadikan bangsa Indonesia aman, damai, sejahtera. Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

"Mari kita bersatu membangun bangsa Indonesia ini dengan memegang teguh pancasila agar negara kita yakni Indonesia menjadi aman, damai dan sejahtera," ajaknya.

Selain Wali Kota Medan, upacara ini juga diikuti oleh Wagubsu H Musa Rajekshah, segenap unsur Forkopimda Sumut, Ketua DPRD Sumut H Wagirin Arman, Konsul Negara Sahabat, Ketua Ormas dan Kepemudaan, BUMN dan BUMD, para pelajar, ASN Pemprovsu dan Pemko Medan.

(dani)

Share:
Komentar

Berita Terkini