UTD PMI Medan Mengklaim Stok Kantong Darah Hingga Lebaran Aman

Media Apakabar.com
Jumat, 17 Mei 2019 - 21:44
kali dibaca
UTD PMI Medan Mengklaim Stok Kantong Darah Hingga Lebaran Aman
Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) kota Medan mengklaim aman untuk Stok kantong darah hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019. 
Mediaapakabar.com-Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) kota Medan mengklaim aman untuk Stok kantong darah hingga Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019. "Insya Allah ketersediaan darah di PMI sampai lebaran masih aman. Insya Allah," kata Kasie Pelayanan Teknik Laboratorium dan BDRS UTD PMI Medan Ira Fitrianti Putri Lubis, Jumat (17/5/2019) Siang.

Ira menyebutkan, stok kantong darah sehat (darah siap pakai dan didistribusikan ke Bank Darah Rumah Sakit/BDRS) per tanggal 16 Mei 2019, sebanyak 2442 kantong yang terdiri dari stok WB (whole blood/darah lengkap), golongan darah A: 514 kantong, B: 651 kantong, AB :169 kantong, O: 813 kantong.

"Totalnya 2147 kantong," sebutnya. Untuk stok Prc (Packed Red Cell/sel darah merah), golongan darah A: 80 kantong, B: 38 kantong, AB: 32 kantong, O: 125 kantong. Totalnya sebanyak 275 kantong.

Sementara itu, permintaan darah dengan golongan darah rhesus negatif itu juga sesuai permintaan, karena darah tersebut langka. "Jadi tidak bisa di stok dalam jumlah banyak, karena takut kalau tidak ada permintaan mubazir, jadinya expired dan dimusnahkan," tuturnya.

Ia  juga mengatakan bagi warga yang berpuasa bukan alasan untuk tidak mendonorkan darah, karena dari segi kesehatan dan agama juga tidak ada larangan untuk melakukan donor darah saat berpuasa. "Yang penting saat sahur ya tetap makan dan minum sesuai dengan kalori yang dibutuhkan. Insya Allah aman kok puasanya," bebernya.

Selain itu, bagi pendonor pertama kali berusia maksimal 55 tahun tanpa ada riwayat penyakit apapun bisa melakukan mendonor. "Penyakit kronik ataupun akut seperti hipertensi, diabetes, jantung, kanker, tumor, tiroid, dan lainnya," ujarnya.

Untuk jadwal kegiatan donor darah, lanjut Ira masih terus ada. "Kegiatan donor darah seperti biasa. Ada beberapa instansi dan komunitas yang sudah masukkan jadwal masing-masing," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin donor darah saat bulan puasa ataupun lebaran UDD PMI Kota Medan tetap buka seperti biasa selama 24 jam.

"Tidak ada halangan ketika kita berpuasa untuk donor darah, asal tetap memperhatikan pola makan saat sahur dan mengurangi kegiatan yang berat ketika selesai donor darah," ucapnya.

Masyarakat Sumut khususnya Medan jika ingin mengetahui tentang stok darah PMI boleh langsug menghubungi nomor call centre di nomor 08116859888 agar tidak ada kesimpang siuran tentang ketersediaan darah di PMI. "Kalau di rumah sakit stok darah tidak ada bukan berarti di PMI juga tidak ada, maka akan lebih baik lgsg ditanyakan ke PMI. Terimakasih," jelasnya.

Sementara, Kasubag Humas RSUP H Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak menyampaikan bahwasanya stok kantong darah di rumah sakit ini pada bulan puasa, memang terjadi penurunan. Akan tetapi, menurut dia hal itu bukan menjadi suatu permasalahan bagi pasien di tempatnya.

Sebab, sambung Rosa, bila terjadi kekurangan stok darah untuk pasien, RS Adam Malik mengarahkan keluarga pasien untuk ke PMI. Namun begitu, sambung dia, pihaknya akan lebih menyarankan agar melakukan transfusi darah terhadap keluarga pasien sendiri. "Memang saat ini turun. Tapi bukan jadi masalah untuk kebutuhan pasien," pungkasnya.(abi)

Share:
Komentar

Berita Terkini