|

Pecah Kerusuhan di Rutan Siak, Napi Bakar Fasilitas, Ini Kata Kakanwil Riau

Kali Dibaca
Rutan Siak dibakar. Foto: Screenshoot Youtube
Mediaapakabar.com - Narapidana di Rumah Tahanan atau Rutan Siak mengamuk. Mereka merampas senjata polisi dan membakar Rutan Klas IIB Siak yang berada di Jalan Sultan Syarif Hasim, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Kerusuhan di dalam Rutan Siak terjadi pada Sabtu (11/5) dini hari sekitar pukul 01:45 Wib.

Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM Provinsi Riau, M Diah membenarkan kejadian tersebut. M Diah mengaku sedang menuju ke lokasi kejadian.

“Saya sedang menuju ke Siak. Memang ada kerusuhan disertai pembakaran. Sejumlah tahanan kabur. Itu saja dulu informasinya ya,” ujar M Diah, seperti dilansir Gatra.com, Sabtu (11/5) dini hari.

Informasi yang dihimpun, kerusuhan di LP Siak bermula saat pertukaran shift, tiba-tiba seorang napi merebut senjata petugas Rutan.

Tak lama kemudian terdengar beberapa kali tembakan dan kemudian api mulai berkobar di gedung bagian depan Rutan.

Akibat kejadian itu, dua anggota kepolisian dikabarkan tertembak dan dilarikan ke rumah sakit.

“Info sementara LP Siak dihuni 630 orang. Napi melarikan diri dan ada yang membawa kabur senjata, 2 orang anggota Polri gugur kontak senjata dengan napi,” demikian pesan berantai yang beredar di grup WhatsApp.

Salah seorang personil Humas Pemkab Siak, Tengku Rudi, yang datang ke lokasi kejadian menyebut, para tahanan yang ada di Rutan berlarian keluar.

Ia mengatakan, suasana di dalam Rutan Siak terlihat mencekam dan tidak terkendali.

Setelah personil polisi datang, sejumlah tahanan yang kabur dikejar dan ditangkap. Ada juga yang langsung menyerahkan diri. (AS)
Komentar

Berita Terkini