Masak Lebih Muda,Sehat dan Anti Lengket

Media Apakabar.com
Jumat, 24 Mei 2019 - 20:15
kali dibaca
Dengan Ichi-I Work Memasak lebih menyenangkan, Karena Ichi-I Nature Wok dengan Gold Marble Coating membuat kemampuan antilengket lebih bagus dibandingkan dengan teflon
Mediaapakabar.com-Kewajiban masak kerap kali membuat stress, terlebih lagi pada saat bulan Ramadhan seperti ini dimana pada dini hari sudah harus memasak untuk keluarga saat sahur. Untuk mengatasinya, jadikan memasak sebagai kegiatan menyenangkan.

Bagi banyak orang masak merupakan kewajiban yang merepotkan. Anda dituntut untuk berpikir menu apa yang akan dibuat, bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan, hingga turun tangan mengolahnya sendiri di dapur. Maka gunakanlah peralatan memasak antilengket misalnya dengan wajan antilengket.

Namun banyak yang bertanya apakah wajan antilengket aman untuk kesehatan?, PFOA atau Perfluorooctanoic acid yang biasa digunakan sebagai pelarut bahan antilengket pada wajan sangat berbahaya bila terkonsumsi tubuh. Selain menyebabkan masalah pertumbuhan, juga dapat menimbulkan kerusakan liver.

Heaf of Product Marketing PT CNI Chendra Tirto mengatakan bahwa wajan anti lengket memang ada yang berbahaya tapi tidak bisa menyamaratakan semua wajan berbahaya. “Tidak perlu khawatir dalam penggunaan wajan anti lengket selama kita bijak dan selektif dalam memilih wajan anti lengket serta merawatnya dengan baik dan benar,” kata Chendra di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Chendra menyebutkan agar terhindar dari wajan berbahaya yang dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga, ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Pastikan menggunakan wajan antilengket yang aman. Saat ini banyak merek wajan antilengket yang ditawarkan. Beberapa merek yang dijual dengan harga murah biasanya berbahaya bagi kesehatan. Kenapa? Sebab bahannya mudah mengelupas dan tidak dibuat secara maksimal. Saat antilengket tersebut terkelupas dan tercampur dengan masakan dapat mengganggu kesehatan. Pastikan Anda memilih wajan dengan bahan terbaik dan aman digunakan.

Jangan terlalu panas menggunakan wajan antilengket sebaiknya tidak terlalu panas, jelasnya.

Ditambahkan, pemakaian dengan suhu terlalu panas akan menyebabkan penurunan kualitas antilengket pada wajan."Pakai peralatan berbahan kayu Untuk menggoreng atau menumis, selalu gunakan peralatan berbahan kayu sehingga tidak sampai bergesekan dengan wajan dan membuat lapisan antilengket terkelupas", ujar Chendra.

Kemudian, lanjut Chendra, pakai busa pembersih saat mencuci tak perlu menggosok dengan kasar ataiu keras, pakai saja busa pembersih. Dengan bantuan sabun cuci piring, kotoran yang menempel pada wajan akan luntur.

Pilih wajan yang eco-friendly beberapa wajan antilengket pilihan mengusung kampanye eco-friendly. Dengan menggunakan bahan-bahan pilihan yang aman, Anda bisa lebih lega saat memakainya untuk alat masak sehari-hari.

”Jadi, sehatkah memasak dengan wajan antilengket? Selama Anda bijak memilih dan menggunakannya, semuanya tetap aman, kok,” bebernya.

Jadi, kata Chendra, lebih menyenangkan dengan Ichi-I Nature Wok. Karena Ichi-I Nature Wok dengan Gold Marble Coating membuat kemampuan antilengket lebih bagus dibandingkan dengan teflon Coating pada permukaan wajan menggunakan teknik “embosing acak” lima layer sehingga Ichi-I Nature Wok lebih tahan gores dan anti terkelupas.

Hal ini sudah diuji dengan uji abrasi 50.000 kali. Wok menggunakan teknik alumunium die-cast sehingga panas lebih cepat dan merata. Desain handle lebih ergonomis dengan wooden pattern style. Aman (bebas cemaran timah dan kadmium), Free PFOA dan PFOS, pungkasnya.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini