Stok Kurang Harga Cabai Mahal

Media Apakabar.com
Senin, 08 April 2019 - 17:53
kali dibaca
Stok Kurang Harga Cabai Mahal
Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin
Mediaapakabar.com-Untuk saat ini harga cabai merah memang masih bertahan mahal dalam rentang Rp 30 hingga Rp 35 ribu rupiah per kg. 

Permasalah kenaikan harga itu masih dipengaruhi oleh faktor persediaan yang berkurang belakangan ini.

Menurut Ketua Pemantau Pangan Sumut, Gunawan Benjamin, harga cabai merah itu idealnya ada dalam rentang Rp 25 hingga Rp 30 ribu per kg. 

Namun saat harga cabai naik saat ini, petani akan mendapatkan berkah setelah sebelumnya petani dirugikan dari pelemahan harga cabai yang sempat menyentuh 10 ribu per kg. 
.
" Kita akan pantau dalam waktu dekat perkembangan harga cabai tersebut. Karena memang semua jenis cabai mengalami kenaikan. Termasuk cabai rawit yang harganya saat ini menyentuh 
Rp 36 ribu per kg," kata Gunawan di Medan Senin (8/4/2019).

Disebutakan, selain harga cabai, harga bawang juga mengalami kenaikan dalam rentang yang tidak jauh berbeda.

Saat ini baik bawang putih maupun bawang merah mengalami kenaikan, harganya berkisar Rp 30 hingga Rp 35 ribu per kg.

" Kenaikan harga bawang tersebut juga dipengaruhi oleh masalah persediaan yang mengalami penurunan. Bawang dan cabai masih berpeluang menyumbang inflasi di bulan ini." 

Namun, kata dia, kita masih membutuhkan konfirmasi harga hingga akhir bulan. Karena harga sejauh ini masih belum final dan masih berpeluang berubah dalam waktu dekat.

Gunawan berpikir jika ingin dilakukan sidak, boleh boleh saja. Namun sidak belum akan efektif menekan harga cabai. Karena ini masalah pasokan. Bukan karena aksi spekulasi yang berlebihan. 

"Saya melihat harga cabai masih dalam batas harga mahal yang sejauh ini masih terkendali,namun begitupun,diharapkan kedepan dapat turun perlahan dengan mulainya pasokan di beberapa daerah pangan." (abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini