Soal Proyek Asal Jadi, Inspektorat Pemkab Taput Segera Turun

Media Apakabar.com
Sabtu, 06 April 2019 - 16:28
kali dibaca
Soal Proyek Asal Jadi, Inspektorat Pemkab Taput Segera Turun
 Inspektorat akan turun memeriksa proyek fisik dana desa tahun 2018 Desa Parbaju Tonga yang dilaporkan warga.

Mediaapakabar.com-Kepala Inspektorat Kabupaten Tapanuli Utara Manoras Taroja menegaskan akan memeriksa penggunaan Dana Desa Hutabarat Parbaju Tonga Kecamatan Tarutung.

Hal itu disampaikannya dihadapan wartawan pada Kamis lalu (4/4/2019) terkait pemberitaan dugaan penyimpangan Dana Desa berupa pembangunan tembok penahan tanah (TPT) dan bak penampungan air minum di Desa Hutabarat Parbaju Tonga anggararan tahun 2018.

" Kita sudah lihat dan baca beritanya, Saya sudah perintahkan anggota Saya untuk mengecek kelapangan."

Terpisah, Irban wilayah I Emmy Sihombing saat dikonfirmasi via selular Jumat (5/4/2019) mengatakan minggu depan akan turun.

" Kita akan turun mencek fisik pekerjaan Dana Desa Parbaju Tonga. Kita lihat saja nanti ya apakah sesuai dengan RAB atau tidak."

Sebelumnya atas laporan warga, penggunaan Dana Desa tahun 2018 dalam bentuk pembangunan fisik berupa tembok penahan tanah dan bak penampungan air di Desa Parbaju Tonga Hutabarat Tarutung Tapanuli Utara diduga asal jadi.

Dari amatan di salah satu titik tembok penahan tanah di dusun Lumban Pamandang yang sudah selesai diduga pondasinya tidak sesuai RAB.

Tembok penahan yang terbentang sepanjang kurang lebih 140 meter tersebut pondasinya tampak sangat kurang.

Dimana, saat dilakukan pengukuran pondasinya hanya 20 cm yang seharusnya 50 cm sehingga dikawatirkan tidak akan bertahan lama mengingat tembok penahan itu dibangun agar kuburan di atasnya tidak longsor.

Mangontam Hutabarat tokoh masyarakat Parbaju Tonga mengatakan sangat menyesalkan pembangunan tembok penahan yang diduga dikerjakan sembarangan.

"Dana desa dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat namun kalau begini kita sangat keberatan karena sayang uang negara ratusan juta hanya bertahan sebentar."

Mangontam yang kerap dipanggil Op. Sonia menegaskan agar inspektorat turun melakukan pemeriksaan.

"Kita ingin penggunaan dana desa di Parbaju Tonga terang, transparan dan jangan hanya suka-suka kepala desa saja menggunakan. Kita mau dana desa Parbaju Tonga diperiksa."

Demikian juga bak penampungan air yang dibangun di Lumban Situmorang sejak selesai dikerjakan tidak berfungsi sama sekali.

Bahkan, sebut salah satu warga pembangunan bak penampungan air pihaknya tidak dilibatkan.

" Kami tidak tahu ini dibangun dan juga kami rasa tanpa melalui musrenbangdes. Apalagi sangat disayangkan sejak dibangun tidak berfungsi, sangat disayangkan dana desa di desa kami mubazir."

Terpisah, Kepala Desa Parbaju Tonga Martua Sotarduga Hutabarat dihadapan wartawan mengatakan pekerjaan itu tidak ada yang salah.

" Saya rasa tidak ada yang salah, lagian informasi yang kalian terima mengenai tinggi maupun pagu proyek penahan tanah itu tidak pas."  (ganda)
Share:
Komentar

Berita Terkini