Masyarakat Harus Waspadai Investasi Bodong

Media Apakabar.com
Sabtu, 06 April 2019 - 16:59
kali dibaca
Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu
Mediaapakabar.com-Investasi bodong yang menjanjikan keuntungan berlimpah masih membuat sebagian orang tergoda, meski terlihat tidak masuk akal. Oleh karenanya, ciri-ciri investasi yang berpotensi menipu harus diwaspadai.

Ketua Umum Satuan Tugas (Satgas) Waspada Investasi Ilegal, Tongam Lumban Tobing menyatakan ada banyak ciri investasi bodong, salah satunya menjanjikan untung yang cepat dan besar.

"Menjanjikan untung cepat dan besar. Misalnya investasi forex emas 7 hari dapat untung 30 persen, mana ada investasi yang begitu," kata Tongam di Jakarta melansir merdeka.com Sabtu (6/4/2019).

Selain itu, investasi abal-abal biasanya akan menyuruh korbannya untuk mencari anggota lain supaya dapat bonus, atau yang dikenal dengan MLM (Multi Level Marketing). Dari 47 investasi ilegal yang ditutup Satgas, sebagian besar di antaranya berskema MLM.

Sementara, ciri lainnya adalah legalitas lembaga tidak jelas dan investasi cenderung memanfaatkan tokoh publik untuk menarik perhatian.

"Mereka (pelaku investasi bodong) memanfaatkan tokoh agama, tokoh masyarakat supaya orang-orang percaya dan berinvestasi di sana." (dani)

Share:
Komentar

Berita Terkini