Komandan Kodim 0201/BS Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Presiden

Media Apakabar.com
Jumat, 05 April 2019 - 18:58
kali dibaca
Komandan Kodim 0201/BS Pimpin Gelar Pasukan Pengamanan Presiden
Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Yuda Rismansyah mewakili Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, memimpin apel gelar pasukan operasi pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI dan Iriana Joko Widodo di Kota Medan dan Kabupaten Asahan

Mediaapakabar.com-Komandan Kodim 0201/BS, Kolonel Yuda Rismansyah mewakili Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah, memimpin apel gelar pasukan operasi pengamanan VVIP dalam rangka kunjungan kerja Presiden RI dan Iriana Joko Widodo di Kota Medan dan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, bertempat di Lapangan Benteng Jalan Pengadilan Medan Jumat (5/4/2019).

Apel gelar pasukan gabungan TNI-Polri dan instansi terkait lainnya ini turut dihadiri Asisten Operasi Kasdam I/BB, para Dansat BS dan perwakilan dari Polrestabes Medan.

Dalam amanatnya selaku Pangkoops PAM VVIP, Mayjen TNI M Sabrar Fadhilah menegaskan, tujuan apel gelar pasukan operasi pengamanan VVIP ini adalah untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan pribadi VVIP serta menjamin keamanan wilayah yang menjadi objek kunjungan VVIP setiap saat di manapun berada.

Ancaman gangguan keamanan seiring perkembangan teknologi dari waktu ke waktu semakin kompleks dan dinamis. Oleh karena itu, apel gelar pasukan ini dilaksanakan untuk mengetahui sampai sejauh mana kesiapan masing-masing Satgaspam secara keseluruhan, baik personel, materiil maupun sarana pendukung pengamanan lainnya.

"Saya selaku Pangkoops Pengamanan VVIP harus dapat meyakini bahwa tiap-tiap Satgas sudah memiliki kesiapan operasional yang mampu untuk menangkal berbagai kerawanan dan kontijensi yang diprediksikan dapat terjadi."

Di samping itu, apel gelar pasukan ini menggambarkan totalitas kesiapan pengamanan, mulai dari H-1 sampai dengan selesainya kunjungan kerja Presiden RI dan Hj Iriana Joko Widodo di wilayah Kota Medan dan Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara.

Personel Pengamanan VVIP akan ditempatkan di lokasi yang menjadi sasaran peninjauan, mulai dari Bandara Internasional Kuala Namu, sepanjang rute yang dilalui maupun rute cadangan serta rute pengganti.

" Saya berharap pada pelaksanaan Pengamanan VVIP ini agar lebih ditingkatkan koordinasi dan kerjasama yang terencana, terarah dan terkendali, dengan tetap berpedoman pada peraturan Pengamanan VVIP, baik secara langsung maupun tidak langsung, agar sasaran dan tujuan pengamanan dapat dicapai dengan optimal dan sukses."

Pangdam Mayjen Fadhilah juga menekankan, bahwa Pengamanan VVIP ini harus berhasil dan tidak ada kata ulangi serta jangan dianggap sebagai rutinitas, sehingga mengabaikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

"Oleh sebab itu, peran Dansatgas, Dansubsatgas sangatlah dominan. Tidak saja dituntut mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal, tetapi juga harus mampu dalam menghadapi dan mengelola serta menyelesaikan berbagai situasi yang mungkin terjadi di lapangan."

Melalui apel gelar pasukan ini, Pangdam Mayjen Fadhilah berharap dapat menambah motivasi dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan benar dan sukses, sehingga menjadi kebanggaan dalam pelaksanaan tugas dan kebanggaan masyarakat terhadap keandalan aparatnya.

Ditambahkan Dandim 0201/BS, untuk pengamanan VVIP selama di Kota Medan, ada sebanyak 2000 personil gabungan TNI-Polri dan institusi terkait yang diturunkan melakukan pengamanan VVIP.

"Ingat. Kunjungan kerja VVIP dan rombongan dilakukan pada malam hari, sehingga pengamanan harus ditingkatkan lebih maksimal," kata Kolonel Yuda Rismansyah Dandim 0201/BS.   (rel)

Share:
Komentar

Berita Terkini