Jokowi Ungkap Perasaan Masuk ke Dalam Ka'bah: 'Tak Terbayangkan dalam Hidup Saya'

Admin
Selasa, 16 April 2019 - 09:45
kali dibaca
Jokowi menurungi anak tangga Ka'bah bersama keluarganya. Foto: Jokowi
Mediaapakabar.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang saat ini menjalankan ibadah umroh beserta keluarganya di Tanah Suci, mendapatkan kesampatan langka dengan memasuki Ka’bah.
Jokowi yang juga berstatus calon petahana di Pilpres 2019 mengaku bersyukur bisa menginjakkan kaki di dalam ruangan Baitullah itu.
Dengan berpakaian ihram, Jokowi diringi Iriana dan dua putranya, Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming Raka tampak berjalan keluar dari kabah dengan pengawalan cukup ketat dari petugas keamanan setempat.
Melalui akun media sosial miliknya, orang nomor satu di Indonesia itu pun menuangkan perasaannya.
Ia mengaku, momen tersebut sama sekali tak pernah sekalipun terfikir olehnya.
“Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, akan memperoleh kehormatan dan kesempatan ini: datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya,” tulisnya.
“Di luar, saya melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilinginya,” lanjut dia seperti yang dikutip dari Pojoksatu.id.

Jokowi menulis, ia berada di dalam Ka’bah saat menjelang Subuh.
“Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak,”
“Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru,” katanya.
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengaku sempat gamang saat hendak menunaikan shalah Subuh.
“Perasaan saya sempat gamang, harus menghadap ke mana? Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa salat menghadap ke arah mana saja,” tuturnya.
Kemudian, saat ia menuruni anak tangga Ka’bah, bebarengan dengan kumandang adzan Subuh. Langkahnya pun diikuti oleh istri dan kedua anaknya.
“Azan subuh sedang berkumandang di Masjidil Haram ketika saya menuruni tangga keluar dari pintu Kakbah, dengan rasa syukur yang tiada terhingga.”
“Istri saya, Gibran, dan Kaesang, menyusul turun. Saya akan mengingat kesempatan ini sepanjang hidup,” tutupnya.
Sebelumnya, saat di dalam Ka’bah, Jokowi juga memanjatkan doa berharap ditambahkan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan kepda orang-orang yang berhaji dan umroh.
Presiden Jokowi bersama keluarga memasuki kabah saat umroh di masa tenang Pilpres 2019, jokowi masuk kabah
Presiden Jokowi bersama keluarga memasuki kabah saat umroh di masa tenang Pilpres 2019.
Berikut doa Jokowi ketika di dalam kabah yang ditulis di halaman facebook Presiden Joko Widodo:
Labbaik Allahumma Labbaik. Aku datang memenuhi panggilanMu, Ya Allah.
Subuh ini, saya dan keluarga mendapat kehormatan untuk memasuki Kakbah di Masjidil Haram.
Hanya ucapan syukur yang bisa saya panjatkan ke hadirat Allah SWT untuk kesempatan menjejak ruang dalam Baitullah.
“Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kehebatan pada Baitullah ini dan tambahkanlah pula pada orang-orang yang memuliakan, menghormati dan mengagungkannya di antara mereka yang berhaji atau yang berumroh padanya dengan kemuliaan, kehormatan, kebesaran dan kebaikan.”
Salam kami dari di Tanah Suci untuk seluruh rakyat Indonesia.
Kabarnya selama berada di Arab Saudi, Presiden Jokowi juga mendapat kehormatan diundang oleh Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud bertemu di Istana yang berada di Riyadh.
Selain itu, untuk menghormati tamu, Putra Mahkota Muhammad bin Salman juga mengundang Presiden Jokowi untuk bertemu secara terpisah di Riyadh.
Rencananya, Presiden Jokowi bersama rombongan dijadwalkan tiba kembali di Jakarta pada Senin (15/4/2019) malam ini.

Lihat postingan ini di Instagram

Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, akan memperoleh kehormatan dan kesempatan ini: datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya. Di luar, saya melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilinginya. Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak. Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru. Perasaan saya sempat gamang, harus menghadap ke mana? Dan akhirnya saya ingat: ini di dalam Kakbah. Saya bisa salat menghadap ke arah mana saja. Azan subuh sedang berkumandang di Masjidil Haram ketika saya menuruni tangga keluar dari pintu Kakbah, dengan rasa syukur yang tiada terhingga. Istri saya, Gibran, dan Kaesang, menyusul turun. Saya akan mengingat kesempatan ini sepanjang hidup.
Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi) pada 

(ruh/fat/pojoksatu)

Share:
Komentar

Berita Terkini