|

Jepang Buat Nama Era Baru Kekaisaran

Kali Dibaca
Jepang mengumumkan nama era baru kekaisaran di negara mereka yang akan dimulai bulan depan, setelah Kaisar Akihito turun takhta pada akhir April mendatang. (Franck Robichon/Pool via Reuters)
Mediaapakabar.com-Untuk pertama kali dalam sejarah Jepang, penamaan era baru kekaisaran dikutip dari kesusasteraan Jepang, yaitu buku kumpulan puisi tertua Jepang berjudul “Manyoshu” yang disusun sekitar 1200 tahun lalu.

Dalam siaran pers yang diterima redaksi Selasa (2/4/2019), pada 1 April 2019, pemerintah Jepang melalui keputusan kabinet telah mengeluarkan peraturan pemerintah tentang penggantian nama era kekaisaran.

Dan mengumumkan bahwa nama era kekaisaran yang baru tersebut adalah “令和(Rei-wa)” . Sebelum kaisar Jepang turun tahta dan putra mahkota dinobatkan sebagai kaisar baru.

Nama era kekaisaran ini akan digunakan di Jepang setelah putra mahkota akan dinobatkan pada 1 Mei 2019 mendatang.

Kata “令和(Rei-wa)” terdiri dari 2 karakter  kanji yaitu”令 (Rei)” yang berarti keindahan (beautiful) dan  “和 (Wa)” yang berarti keharmonisan (harmony).

Berdasarkan hal tersebut,  kata “令和(Rei-wa)” mengandung arti “Budaya akan lahir dan dipelihara ketika orang-orang menyelaraskan hati mereka secara indah. (Culture will be nurtured as people bring their hearts together in  a beautiful manner).   (red)
Komentar

Berita Terkini