Enduro North Sumatra Gelar Seri Pertama di Kebun Teh Sidamanaik

Media Apakabar.com
Kamis, 04 April 2019 - 23:40
kali dibaca
Enduro North Sumatra Gelar Seri Pertama di Kebun Teh Sidamanaik
Lomba balap sepeda gunung seri pertama di Perkebunan Teh sidamanik Kabupaten Simalungun Sumatera utara.
Mediaapakabar.com-Enduro North Sumatra, lomba balap sepeda gunung seri pertama di Perkebunan Teh sidamanik Kabupaten Simalungun Sumatera utara pada tanggal 30-31 maret 2019 sukses terlaksana.

Dua rangkaian kegiatan diantaranya kegiatan gowes bersama (gobar) dan juga race mendapat sambutan baik dari peserta. Acara gobar sendiri,  para peserta tidak melewati jalur race. Mereka diajak berkeliling di perkebunan teh, menyusuri air terjun bah biak,  dan kemudian finish dilokasi yang telah ditentukan.

Jarak lintasan peserta gobar berkisar 25km dan para rider yang ikut andil berjumlah 520 orang yang terdiri dari lintas komunitas pesepeda yang ada di Aceh,  sumut dan juga riau.

Sedangkan untuk kegiatan race,  terdapat dua special stage (ss) dengan total panjang lintasan sejauh 15km.  Peserta yang ikut berpartisipasi berjumlah 160 orang yang terbagi dalam 5 kelas, yaitu men junior (under 19th), men open (20 th keatas), master A (30 - 39th)  Master B (40th keatas)  serta women open (peserta wanita).

"Acara berlangsung dengan lancar dan tidak ada terjadi kecelakaan yang begitu fatal. Walaupun di setiap sore lokasi acara selalu hujan namun tidak mengurangi semangat para rider untul menjajal track yang ada di perkebunan teh sidamanik," ujar Ketua Panitia, Aman Hamonangan Siregar di Medan, Kamis (4/4/2019).

Selain Perkebunan teh yang juga tidak setiap wilayah memilikinya,  khususnya di Aceh,  Sumut dan Riau,  event serupa juga jarang sekali dilaksanakan di Pulau Sumatra.

"Hal ini yang membuat semangat para rider dan panitia untuk berpartisipasi dalam mensukseskan acara race berseri ini," ungkapnya sembari mengatakan saat di Sidamanik, pihaknya mendatangkan Yavento Ditra Pranata seorang atlit dari team polygon dan memberikan coaching clinic.

Acara ini murni atas dasar pemikiran dari beberapa komunitas sepeda gunung yang ada di pulau sumatra yang mulai jenuh dengan kegiatan gowes bersama saja. Mereka yang menginginkan pengalaman lebih harus pergi jauh ke pulau jawa utk mengikuti race yang ada disana.

"Tanpa menunggu perhatian dari pihak pemerintah, kami patungan dan mengumpulkan dana sendiri untuk membuat kegiatan race ini secara berseri," katanya sembari mengatakan event ini terdiri dari 4 seri.

Aman menambahkan Seri kedua, akan dilaksanakan pada 15-16 Juli 2019 di Desa Siosar,  puncak 2000 kabupaten karo. Seri ketiga akan dilaksanakan di Tahura Bike Park yang berlokasi di kabupaten karo 3-4 agustus dan seri Terakhir dilaksanakan di kawasan danau toba 12-13 oktober Lokasi pasti masih dirahasiakan.

"Output dari kegiatan ini adalah terbentuknya atlet-atlet sepeda gunung,  khususnya dibidang enduro yang akan kami berangkatkan 3 orang (dari 3 juara umum)  untuk mengikuti event enduro internasional. Yang kebetulan akan dilaksanakan di bali pada bulan  november mendatang," pungkasnya.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini