Dukung Produk Kerajinan Lokal, Pemprovsu Sedia Toko Online

Media Apakabar.com
Jumat, 05 April 2019 - 19:53
kali dibaca
Dukung Produk Kerajinan Lokal, Pemprovsu Sedia Toko Online
Rapat Koordinasi antara Dekranasda Sumut dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sumut dan Dinas Perindusterian dan Perdagangan (Disperindag) Sumut, di ruang Sumut Smart Province lantai 6 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro No 30 Medan, Jumat (5/4). 

Mediaapakabar.com-Untuk mendukung pemasaran produk kerajinan lokal kabupaten/kota serta meningkatkan perekonomian masyarakat melalui sektor ekonomi kreatif, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan dinas terkait akan menyediakan toko daring (online).

Hal itu terungkap dalam Rapat Koordinasi antara Dekranasda Sumut dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) di ruang Sumut Smart Province lantai 6 Kantor Gubernur Jalan Diponegoro No 30 Medan Jumat (5/4/2019).

Rapat dihadiri oleh Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis Edy Rahmayadi, Kepala Diskominfo M Fitriyus, Kepala Disperindag Sumut H Alwin serta staf terkait.

Ketua Dekranasda Sumut Nawal Lubis mengapresiasi rencana pembuatan toko daring untuk dekranasda tersebut.

" Karena selama ini, keluhan yang saya dapat dari ibu-ibu di daerah adalah mereka kesulitan mencari market untuk pasarkan produk. Kemudian, tidak semua dari mereka melek teknologi, kalau ada toko daring ini kan, melalui bimbingan kita, pasti mereka terbantu sekali."

Apalagi, kata Nawal, aktivitas jual beli masyarakat secara virtual sudah semakin meningkat. Dirinya sangat meyakini bahwa produk-produk kabupaten/kota di Sumut sangat unggul dan mampu bersaing dengan produk daerah lainnya.

" Hanya saja yang perlu itu, kita siapkan konsep promosi yang bagus baik dari segi pengemasan, dan lain hal."

" Jangan nanti sudah kita siapkan toko daringnya, di tengah jalan malah stagnan. Kalau bisa berkelanjutan lah, produk-produk kerajinan kita kan bagus. Selama kita kemas bagus, mudah-mudahan banyak itu yang minat. Produk kita terkenal, ekonomi masyarakat pun terbantu."

Kepala Diskominfo M Fitriyus setuju dan membenarkan arahan yang disampaikan oleh Ketua Dekranasda Nawal Edy Rahmayadi. " Untuk teknisnya Bu, kita akan buat dalam bentuk website. Selain itu, kita daftarkan juga nanti akun dekranasda di situs-situs e-commerce terbesar di Indonesia."

Rencana peluncuran toko daring akan dilaksanakan awal Mei mendatang. " Tapi tentu itu masih rencana, karena masih banyak proses yang harus dilalui, termasuk kordinasi dengan Dekranasda kabupaten/kota. Mudah-mudahan prosesnya berjalan lancar dan segera berjalan."    (joel)

Share:
Komentar

Berita Terkini