|

Bupati Tinjau Pra Parrian Bolon LADN

Kali Dibaca
 Bupati Taput Nikson Nababan dan LADN Taput dalam Acara "Parrian Bolon Kab.Tapanuli Utara.
Mediaapakabar.com-Bupati Nikson didampingi Kadis Pemerintahan Desa Donny Ray Simamora turut hadir pada Pra Parriaan Bolon Lembaga Adat Dalihan Natolu (LADN) Kabupaten Tapanuli Utara,  di Sopo Partukkoan Tarutung  Jumat (5/4/2019).

Nikson mengatakan sangat sependapat bahwa dalam prosesi adat yang kita ikuti selama ini, ada hal yang perlu disederhanakan tanpa mengurangi makna adat yang telah diwariskan nenek moyang kita.

Masalah waktu yang begitu lama dan dana yang sangat besar perlu dipertimbangkan menjadi bahan diskusi pada pertemuan.

Nikson juga menyampaikan bahwa adat itu untuk mengikat kebersamaan dan kekeluargaan diharapkan tidak membebani terlalu berat bagi masyarakat.

" Manfaatkan kesempatan ini untuk menghasilkan keputusan yang positif untuk penyederhanaan proses adat tanpa mengurangi makna adat Batak itu sendiri."

Ketua LADN Taput Maslan Sinaga menyampaikan bahwa acara ini merupakan acara sebelum dilaksanakan Parriaan Bolon dengan peserta utusan dari seluruh desa se-Kabupaten Tapanuli Utara.

"Beragam versi adat di masing - masing luat (daerah),  itu adalah keindahan kebhineka tunggal ika yang perlu dipelihara,  tetapi ada hal - hal yang perlu dibicarakan dan didiskusikan dalam acara ini mengenai penyederhanaan tanpa mengurangi makna sebenarnya sehingga tidak terlalu memberatkan bagi "namarulaon" (yang melakukan acara)."   (gh)

Komentar

Berita Terkini