BI Kerjasama Dengan KRI Lepu Dalam Penukaran Uang

Media Apakabar.com
Rabu, 03 April 2019 - 15:48
kali dibaca
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, Wiwiek Siswo Widayat di Belawan.
Mediaapakabar.com-Penukaran uang di Kas Keliling Bank Indonesia (BI)  dengan menggunakan KRI Lepu di kepulauan terluar, terdepan dan terpencil  mencapai Rp3,148 miliar.

"Alhamdulillah animo masyarakat memanfaatkan Kas Keliling Kapal kerja sama BI dengan Angkatan Laut RI menggunakan KRI Lepu cukup tinggi," ujar Wiwiek Siswo Widayat Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumut, di Belawan Selasa (2/4/2019).

Dia mengatakan itu usai acara penyambutan KRI Lepu yang singgah di Pelabuhan Belawan.

Dari Rp3,148 miliar yang ditukarkan, terbanyak ditukarkan masyarakat ada di Pulau Tebing Tinggi, Riau Rp1,5 miliar.

Disusul  Pulau Bengkalis Rp968juta, Pulau Panipahan Rp400 juta. Pulau Kundur Rp180 juta, Pulau Rangsang Rp55 juta dan Pulau Rupat Rp45 juta.

Menurut Wiwiek, selain penukaran uang pecahan kecil Rp1.000, Rp2,000, Rp5.000 dan Rp10.000, program Kas Keliling Kapal itu juga dikuti dengan program penyerahan bantuan dan sosialisasi ciri-ciri keaslian uang rupiah (Cikur).

" Sosialisasi Cikur itu juga mendapat sambutan hangat dari masyarakat khususnya di Pulau Rupat yang mengakui banyak menemukan uang Rupiah palsu."

Wiwiek Siswo Widayat mengatakan program penukaran uang di daerah 3T (terluar, terdepan dan terpencil) yang dimulai 27 Maret  hingga 2 April 2019 merupakan bentuk koordinasi antara BI dan Angkatan Laut.

MoU soal layanan Kas Keliling Kapal antara BI dan Angkatan Laut dilakukan pada 2017.
"Kerja sama itu dilakukan dalam upaya penyediaan uang. BI ingin memastikan uang Rupiah ada dan tersedia di seluruh NKRI."

Kalau BI berupaya menjaga kedaultan uang Rupiah, maka TNI Angkutan Laut menjaga kedaulatan negara.

"Kas Keliling Kapal itu juga dimaksudkan BI untuk mengurangi peredaran uang asing di daerah 3 T. Harapannya kerja sama bisa ditingkatkan  khususnya di wilayah Sumut."

Danlantamal I Belawan, Laksamana Pertama TNI  Ali Triswanto menyebutkan, kerja sama dengan BI dalam layanan Kas Keliling Kapa itu bertujuan untuk menjaga kedaulatan negara.

Penjagaan NKRI antara lain juga dilakukan dengan menjaga kedaultan uang di daerah khususnya di 3 T.

Komandan KRI Lepu, Mayor Martensyah.menyebutkan, kendala program Kas Keliling Kapal antara lain tidak adanya pelabuhan sehingga untuk menjangkau masyarakat, petugas kas keliling harus menggunakan kapal kecil lainnya.

Meski demikian, katanya tim terus bekerja dengan alasan kuat bahwa kedaultan uang Rupiah harus terjaga agar pulau - pulau terluar agar tak  jatuh lagi ke tangan negara asing.(abi)
Share:
Komentar

Berita Terkini