|

Soal Kemananan Maritim, Indonesia-Jepang Buat MoC

Kali Dibaca
doc/apakabar
Mediaapakabar.com-Pihak Bakamla dan Japan Coast Guard melakukan pembahasan draft Memorandum of Cooperation (MoC) di ruang rapat Podcast di Mabes Bakamla Gedung Perintis Kemerdekaan Jalan Proklamasi No.56, Menteng, Jakarta Pusat Selasa (26/3/2019).

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama keamanan maritim Pemerintah Indonesia dengan Jepang pada 21 Desember 2016. 

Dimana kerja sama dituangkan dalam Memorandum of Cooperation di Tokyo, yang menyepakati adanya Pembentukan “Indonesia Japan Maritime Forum (IJMF)”. 

Rapat dibuka Kepala Subdirektorat Kerjasama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, dan dihadiri oleh Kabid Kerjasama Asia Pasifik Kemlu Ira Rachmawati. 

Pabanda Kerma Multi Sopsal Koarmada I  Mayor Eko Triyatomo, Perwakilan Direktorat Jenderal Hukum dan Perjanjian International Kemlu Blandina Rva Pella, Perwakilan Polairud AKP  Toto Hadi P dan AKP Rishan Indarso.

Rapat membahas mengenai isi draft MoC antara Japan Coast Guard dan Bakamla dengan cakupan bidang kerjasama antara lain peningkatan kapasitas terkait keamanan dan keselamatan maritim. 

Melalui latihan bersama, pelatihan, pendidikan, workshop dan seminar. Kedua, mengadakan pertemuan tahunan. 

Ketiga, membangun komunikasi. Keempat, sharing informasi komunikasi dan kelima adalah kegiatan lain berdasarkan kesepakatan bersama.

" Diharapkan Bakamla dapat menganggarkan di dalam DIPA Bakamla untuk terselenggaranya kerjasama dimaksud," kata Ira Rachmawati.

Hasil pembahasan draft MoC ini akan dilaporkan secara tertulis dan berjenjang ke pimpinan tinggi Bakamla, Kemlu, Polairud dan Mabes AL serta dibawa ke Presiden pada saat kunjungan ke Jepang.

Turut hadir pejabat Bakamla Direktur Latihan Laksma Bakamla Yehezkiel Katiandagho, dan Kasubdit Perencanaan Latihan Kolonel Irwan Shobirin.   (rel)

Komentar

Berita Terkini